Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo, UBD Perlu Adakan Program Percepatan Guru Besar

Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo, UBD Perlu Adakan Program Percepatan Guru Besar

Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo IPU adalah salah satu Profesor Bidang Ilmu Komputer Pertama di Indonesia.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Mengenal lebih dekat salah satu Profesor Bidang Ilmu Komputer Pertama di Indonesia yang saat ini masih aktif menjadi dosen di Universitas Bina Darma, Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo IPU.

Sejak kecil, Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo IPU telah bercita-cita menjadi Guru Besar atau Professor. Tekadnya itu terwujud pada tahun 2002. Menurutnya tugas Guru Besar dan Lektor Kepala bukan hanya untuk akademik saja, akan tetapi juga coaching dan mentoring.

“Coaching dan mentoring artinya adalah kegiatan membimbing dosen-dosen muda untuk dapat terus naik jabatan akademiknya. Itu harus diadakan secara terstruktur dalam bentuk program percepatan Guru Besar,” ucapnnya.

Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo IPU menyampaikan banyak dosen-dosen Universitas Bina Darma yang memiliki potensi untuk menjadi profesor dalam waktu tidak terlalu lama asal dilakukan kegiatan coaching dan mentoring.

BACA JUGA:UBD Gandeng 12 Media Online di Palembang, Kerjasama Publikasi Media


Untuk mempercepat terwujudnya hal tersebut, ia mengatakan bahwa Universitas Bina Darma perlu mengadakan program percepatan Guru Besar.

Program percepatan Guru Besar ini semacam bimbingan pada dosen-dosen muda supaya mereka segera mencapai jabatan akademik Guru Besar atau Professor. Dengan makin banyaknya dosen-dosen dengan jabatan akademik Professor, maka tujuan menuju UBD Unggul 2025 akan dapat terwujud.

“Menjadi Professor itu bukanlah hal yang sulit, sudah di buktikan oleh banyak orang, bahkan di usia muda pun bisa. Kalau dihitung misalnya, sudah ada 6 orang murid saya yang sudah menjadi profesor. Saya dulu mencapai jabatan akademik guru besar ketika masih di kisaran usia 40an," jelasnya.

BACA JUGA:Prodi Psikologi UBD Gelar Visiting Professor dari UGM


Lanjut dia, sekarang banyak dosen-dosen bahkan di bawah usia 40 sudah mendapatkan jabatan akademik guru besar. Tetapi memang harus ditekuni dan yang penting adalah percaya bahwa menjadi profesor bukanlah suatu hal yang tidak mungkin untuk dicapai. (*)

Sumber: