6 Hal Penting Dalam Memelihara dan Merawat Ikan Louhan yang Wajib Pemula Ketahui

6 Hal Penting Dalam Memelihara dan Merawat Ikan Louhan yang Wajib Pemula Ketahui

Berikut 6 hal penting yang harus diketahui oleh para pemula dalam memelihara dan merawat ikan louhan --

Setelah memasuki 5 cm bisa diberikan pelet dengan ukuran 1mm. Pelet yang digunakan pun sebaiknya adalah pelet growth atau pelet pertumbuhan yang memiliki kadar protein tinggi.

Untuk ikan yang besar maka tinggal sesuailan saja ukuranya bisa memakai pelet berukuran 2mm.

Ada juga yang memberi pakan louhan kesayanganya dengan udang, namun bila kita memberi pakan udang kepada louhan haru memperhatikan jenis udang, kebersihan dan waktu pemberian pakanya.

Sebaiknya udang yang diberikan untuk louhan adalah udang konsumsi atau udang pasar yang sudah dikupas dan dibersihkan.

BACA JUGA:International Cat Show, Gubernur Bicara Ras Kucing

Anda dapat memotong-motong udang tersebut sesuai dengan ukuran ikan atau dapat juga dibelender dan dicmpurkan beberapa komposisi seperti pewarna ikan atau pun spirulina bubuk untuk mutiara louhan.

Sebaiknya bila memberi makan louhan dengan udang maka lakukanlah pada malam hari, sebab udang agak sulit untuk dicerna oleh ikan dan butuh waktu yang lama. 

Pola pemberian makan yang disarankan adalah 3 kali sehari, namun bisa juga 4-5 kali sehari bila kia sedang ingin menggemukan ikan.

Sebaiknya lakukan pemberian pakan dengan jumlah sedikit namun dengan waktu yang sering, ketimbang memberi pakan dengan jumlah banyak namun jarang.

5. Untulan

Apa sebenarnya untulan dan fungsinya pada louhan,? 

Memberi untulan pada ikan louhan adalah memasuk kan ikan lain  ke dalam tank ikan louhan anda, biasanya yang digunakan adalah ikan Perot atau ikan louhan betina. Bisa juga menggunakan cermin ataupun wayang ikan.

Hal ini bertujuan untuk membentuk bodi ikan agar terlihat tebal dan kekar serta kotak sempurna, sebab ikan louhan yang bagus adalah yang memiliki tubuh kota sempurna.

6. Tanning 

Sumber: