UBD Buka PMB 2023/2024 Gelombang II dan Jalur RPL

UBD Buka PMB 2023/2024 Gelombang II dan Jalur RPL

Pengumuman PMB UBD gelombang II.-ist-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMUniversitas Bina Darma yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Palembang
kembali membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB)  tahun 2023/2024 untuk gelombang II mulai dari tanggal 1 Juli hingga 31 Agustus 2023.

Beberapa pilihan program studi ditawarkan Universitas Bina Darma yang memiliki akreditasi B dari BAN PT ini.

Program Sarjana (S1), ada Prodi  Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Olahraga, Psikologi, Sastra Inggris, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Teknik Sipil.

Program Pascasarjana (S2), dengan Peodi Magister Manajemen dan Magister Teknik Informatika.

BACA JUGA:Dr Muji Gunarto S.Si M.Si Raih Jenjang Lektor Kepala Bidang Manajemen UBD



Sementara Program Vokasi (D3) ada Prodi Administrasi Bisnis, Manajemen Informatika, dan Teknik Komputer.

Selain itu Universitas Bina Darma juga menyediakan Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) atau penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai Program Studi Universitas Bina Darma.

RPL merupakan Lifelong Learning yang regulasinya sudah diatur oleh Kemendikbudristek melalui Permendikbudristek Nomor 41 Tahun 2021.

RPL memberikan kesempatan lebih luas bagi masyarakat yang telah berpengalaman kerja untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Melalui asesmen, capaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja atau pelatihan berserrifikasi ditetapkan menjadi raihan SKS dalam bentuk mata kuliah. Sementara, jumlah maksimal mata kuliah yang bisa diperoleh ada 40.

BACA JUGA:Mahasiswa UBD Terima Beasiswa dari Protelindo



Adapun syarat pengusul RPL, minimal SMA atau sederajat, dan memiliki pendidikan nonformal, informal atau pengalaman kerja.

Untuk biaya pendaftaran sebesar Rp300.000, asesmen atau penilaian Rp300.000, rekognisi pengakuan SKS Rp400.000 per SKS untuk Pascasarjana, Rp300.000 per SKS untuk S1, dan Rp250.000 untuk Vokasi.

Dianjurkan untuk memilih Prodi yang tepat sesuai pengalaman kerja dan bukti portofolio. Hal ini agar memperoleh rekognisi pengakuan SKS yang lebih banyak sehingga dapat mempersingkat kuliah. Selain itu, memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. (*)

Sumber: