Momen Ini Bikin Penjualan Pempek Palembang Laku 20 Ton Sehari

Momen Ini Bikin Penjualan Pempek Palembang Laku 20 Ton Sehari

Gubernur Sumsel saat beri sambutan di Gala Dinner dan Penganugerahan Tanda Penghargaan Bidang Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 di Griya Agung Palembang.-humas pemprov sumsel-

SUMSEL, RADARPALEMBANG.COM – Gubernur Sumsel  Herman Deru mengaku bangga atas ditunjuknya Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah Harganas ke-30 yang  puncaknya digelar, Kamis 6 Juli 2023 di Kabupaten Banyuasin.

"Saya berterima kasih atas ditunjuknya Sumsel sebagai tuan rumah Harganas. Terlalu banyak dampak positif bagi kami. Kalau ekonomi tentu, eskalasi luar biasa salah satunya pempek makanan khas Palembang biasa sehari 11 ton kini menjadi 20 ton," paparnya.

Herman Deru mengatakan pelaksanaan Gala Dinner ini merupakan inisiasinya guna dapat bersilaturahmi bersama seluruh kepala daerah se Indonesia.  

"Saya dengan sengaja menyambut bapak-ibu disini agar kita bisa bersilturahmi," imbuhnya.

BACA JUGA:Tips Memilih Makanan Protein Hewani Cegah Stunting dari Guru Besar IPB, Cek di Daftarnya Sini?

Herman Deru menyebutkan, dirinya saat menjabat   Bupati OKU Timur  beberapa tahun lalu juga pernah merasakan menerima penghargaan  Manggala Karya Kencana bersama Ketua PKK Hj Febrita Lustia  karena sukses dalam menjalankan program KB.  

"Kalau dulu kita mengatur kelahiran tapi saat ini kita dihadapkan dengan memberantas stunting," ungkapnya.

Herman Deru menyebut Sumsel telah berhasil menurunkan angka stunting sebesar 6,2 persen dari 24,8 menjadi 18,6 persen hal ini berkat dukungan Kepala BKKBN RI bersama Bupati dan Walikota se Sumsel. "Keberhasilan kita  menurunkan angka stunting ini ada resepnya yaitu aktivasi posyandu inilah garda terdepan dalam  menurunkan angka stunting di bawah nasional," pungkasnya.

Ditunjuknya Provinsi Sumsel menjadi tuan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 sangat tepat hal ini tidak lain berkat capain dan prestasi Sumsel dalam percepatan penurunan angka stunting.

BACA JUGA:Angka Stunting Indonesia Turun Jadi 21,6 Persen, Bali Terendah NTT Tertinggi, Bagaimana di Sumsel?

"Kenapa di Sumsel? Alasan tegas bahwa Sumsel adalah provinsi percepatan penurunan stunting terbaik di Indonesia," kata Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo saat Gala Dinner dan Penganugerahan Tanda Penghargaan Bidang Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 di Griya Agung Palembang, Selasa 4 Juli 2023 malam.

Menurutnya penurunan 6 persen dari 24,8 menjadi 18,6 persen adalah suatu yang luar biasa. Dan penurunan tingkat provinsi itu sangat dipercaya karena sampelnya dan survei cukup merata.  "Kami sangat yakin Sumsel dapat menjadi contoh bagi provinsi lain di seluruh Indonesia dalam penurunan angka stunting ini," tegasnya. (*)

Sumber: