Jadwal Verifikasi Berkas PPDB SMP Negeri 19-21 Juni 2023, Siapkan Dokumen Asli Berikut Ini

Jadwal Verifikasi Berkas PPDB SMP Negeri 19-21 Juni 2023, Siapkan Dokumen Asli Berikut Ini

Suasana verifikasi berkas PPDB SMP Tahun 2023 jalur zonasi di SMP Negeri 9 Palembang, hari ini.-susi yenuari/ radarpalembang.disway.id-

BACA JUGA:Simak dan Perhatikan Link Pendaftaran PPDB Tahun 2023 dengan Benar, Wajib untuk Diketahui

Berikut syarat pendaftaran untuk jenjang SMP Negeri : 

1. Berusia maksimal 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli 2023, dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir.

2. Calon peserta didik tercatat sebagai peserta didik kelas 6 (enam) SD/MI Tahun Pelajaran 2022/2023 atau memiliki i&zah SD/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 6 (enam) SD / sederajat.

3. Calon peserta didik mendaftar melalui satu jalur pendataran saja dengan memilih hanya satu sekolah tujuan (sistem layanan PPDB online akan menolak atau memblokir jika mencoba mendaftar lebih dari satu sekolah).

4. Pemalsuan terhadap kartu keluarga dan bukti sebagai peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu bukti atas prestasi dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA:Registrasi Akunnya Sekarang Juga, Daftar PPDB 2023 Kota Palembang, Klik Link Ini

PPDB khusus jalur zonasi jenjang SMP Negeri kuotanya tahun ini paling besar dibandingkan jalur lainnya, yakni 50 persen dari daya tampung sekolah.

Berdasarkan Permendikbud Ristek nomor 1 tahun 2021 pasal 31 mengatur ada beberapa kategori calon peserta didik baru yang menjadi prioritas di jalur zonasi, yakni jarak rumah dan usia. 

Calon peserta didik baru yang mendaftar akan diprioritaskan berdasarkan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah dalam wilayah zonasi yang ditetapkan.

Jalur zonasi bagi peserta didik yang telah tinggal dalam satu zona selama minimal satu tahun. Alamat calon peserta didik akan merekam titik koordinat dan mengukur jaraknya dengan titik koordinat sekolah.

BACA JUGA:Masa Sanggah di PPDB 2023, Apa Arti Masa Sanggah? Ini Penting untuk DiKetahui

Jika jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan sekolah sama, seleksi untuk pemenuhan kuota/daya tampung terakhir menggunakan usia peserta didik yang lebih tua berdasarkan akta kelahiran atau surat keterangan lahir.

Apabila jarak rumah siswa dengan sekolah sama, parameter seleksi selanjutnya adalah usia lebih tua dan waktu pendaftaran (lebih dahulu).

Setelah verifikasi, selanjutnya adalah pengumuman tanggal 22 Juni 2023, masa sanggah 22 s.d 26 Juni 2023 dan daftar ulang dari tanggal 26 s.d 27 Juni 2023.

Sumber: