Dosen UBD Terpilih sebagai Classifier 12th Asean Para Games Cambodia 2023

Dosen UBD Terpilih sebagai Classifier 12th Asean Para Games Cambodia 2023

Dua dosen dari Program Studi tersebut mendapatkan kesempatan dari Asean Parasport Federation (ASPF), untuk bertugas sebagai Classifier di 12th ASEAN Para Games Cambodia 2023. -Ist-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Kabar membanggakan datang dari Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Bina Darma PALEMBANG.

Dua dosen dari Program Studi tersebut mendapatkan kesempatan dari Asean Parasport Federation (ASPF), untuk bertugas sebagai Classifier di 12th ASEAN Para Games Cambodia 2023, yang berlangsung sejak 30 Mei sampai 7 Juni 2023.

Dosen Universitas Bina Darma yang berhasil menjadi Classifier di 12th Asean Para Games Cambodia 2023, yakni Dr. Muslimin, M. Pd bertugas sebagai Classifier para Badminton (Physical Impairment) dan Dr. Aprizal Fikri, M. Pd. bertugas sebagai Classifier para Chess (Physical Impairment).

ASEAN Para Games, merupakan ajang kompetisi olahraga multi event untuk disabilitas yang diikuti oleh negara-negara di Asia Tenggara dan dilaksanakan setiap 2 tahun.

BACA JUGA:UBD Bersinergi dengan ITB STIKOM Bali

ASEAN Para Games secara garis besar terbagi menjadi 3 jenis disabilitas, ada Physical Impairment (PI), Visual Impairment (VI), dann Intelectual Impairment (II).

Ketiga kategori disabilitas tersebut dibagi lagi menjadi kelompok sesuai dengan cabang olahraganya masing-masing, serta sesuai dengan tingkat disabilitasnya.

Dikatakan Dr. Aprizal Fikri, M. Pd. untuk menjadi seorang Classifier di 12th ASEAN Para Games Cambodia 2023, yakni harus mengikuti International Classifier Course yang diselenggarakan oleh Asean Para Games komite.

Sementara Dr. Muslimin, M. Pd menambahkan, manfaatnya untuk Program Studi Pendidikan Olahraga UBD tentu sangat baik sekali, karena ini bagian dari cabang olahraga disabilitas. 

BACA JUGA:LLDikti Wilayah 2 Tunjuk UBD jadi Pasukan Pengibar Bendera di Upacara Hari Lahir Pancasila

“Di Indonesia perkembangannya sudah baik sekali, sementara itu Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi yang menyumbangkan sebelas atlet yang mengikuti Asean Para Games Cambodia 2023 ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Bina Darma sangat mempunyai peluang untuk mengembangkan menjadi salah satu vendor, dan juga sebagai kolabolator untuk mengembangkan olahraga disabilitas di Sumatera Selatan.(*l

Sumber: