Jelang Pemberangkatan JCH, Kemenag Sumsel Gelar Rapat Gabungan Lintas Sektor

Jelang Pemberangkatan JCH, Kemenag Sumsel Gelar Rapat Gabungan Lintas Sektor

--sumsel.kemenag.go.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel bersama sejumlah instansi tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang mengelar rapat pemantapan persiapan pemberangkatan haji.

Rapat berlangsung di aula serba guna gedung asrama haji Embarkasi Haji Palembang, Rabu, 24 Mei 2023.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut asisten 1 Pemprov Sumsel H. Edward Chandra mewakili Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan, Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh H. Armet Dachil.

Lalu perwakilan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang, Dinas Kesehatan, Kantor Imigrasi Bea dan Cukai, Unsur TNI dan Polri, serta semua instansi yang tergabung dalam PPIH Embarkasi Haji Palembang Tahun 1444 H/2023 M.

 BACA JUGA:7.012 Jemaah Sumsel Lunasi Biaya Haji, Keberangkatan Kloter 1 pada 27 Mei 2023

Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dimana telah diketahui bersama bahwa mayoritas jemaah calon haji (JCH) tahun ini adalah lansia.

Untuk itu panitia harus dapat memberikan pelayanan terbaik untuk para tamu Allah tersebut.

"Perlu diketahui bahwa tahun ini Embarkasi Palembang akan memberangkatkan sebanyak 23 kelompok terbang (Kloter).

Yang mana setidaknya 60 persen jemaah calon haji tahun ini merupakan kategori lansia, jd harus diberikan perhatian yang ekstra," Jelas Syafitri.

BACA JUGA:7 Komitmen KBIHU Dukung Haji Ramah Lansia, Ini Rincian Kesepakatannya

Asisten I Pemprov Sumsel H. Edward Chandra saat membuka rapat koordinasi PPIH Embarkasi Palembang menghimbau kepada semua yang menjadi panitia agar menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

Bekerja sama dengan semua sektor yang terlibat dalam pelayanan haji.

Keberagaman karakter JCH terlebih lagi mayoritas lansia merupakan tantangan tersendiri bagi panitia. "Untuk itu laksanakan dengan sepenuh hati,"ujarnya.

Perwakilan dari polrestabes Palembang menjelaskan bahwa tahun ini pengamanan ditingkatkan juga penambahan rute parkir berhubung penambahan JCH yang lumayan signifikan dari tahun sebelumnya.

Sumber: