5 Tips Perawatan Kendaraan Usai Tempuh Perjalanan Mudik Lebaran

5 Tips Perawatan Kendaraan Usai Tempuh Perjalanan Mudik Lebaran

Tips Perawatan Kendaraan Usai Tempuh Perjalanan Mudik Lebaran--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor menjadi pilihan banyak orang karena dianggap lebih hemat dan fleksibel.

Karena itu banyak yang rela menempuh ratusan kilometer dengan kendaraan pribadi demi mempererat silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

Diketahui jumlah pemudik pada tahun 2023 kali ini mengalami lonjakan usai pandemi 3 tahun sebelumnya. Antusiasme masyarakat untuk mudik menggunakan mobil dan motor bahkan meningkat.

Nah untuk kamu yang kemarin melakukan mudik kekampung halaman ada baiknya kembali mengecek kendaraan dan melakukan perawatan baik motor atau pun mobil.

BACA JUGA:Tips Merawat Motor Agar Aman Saat Dipakai Mudik Lebaran, Tak Perlu Khawatir Jalan Jauh

Hal tersebut perlu dikakukan mengingat perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer saat mudik kemarin.

Berikut telah kami rangkum 5 tips perwatan kendaraan usai menempuh perjalanan jauh saat mudik lebaran.

1. Periksa Tekanan Ban

Dalam perjalanan mudik tentunya bebagai kondisi jalanan kita temui, mulai jalanan mulus higga jalan yang jelek berlubang.

BACA JUGA:Catat! Ini 5 Tips Merawat Mesin Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran

Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi kondisi ban kendaraan kita, untuk itu perlu pastikan cek kembali kondisi dan tekanan ban kendaraan.

2. Periksa Rem dan Kaki-kaki Kendaraan

Selain ban, bagian yang harus mendapatkan perawatan selanjutnya adalah rem dan kaki-kaki kendaraan seperti shockbreaker, per dan tie rod end patut.

Sebab, bagian ini merupakan komponen yang menjaga laju dan menopang kondisi kendaraan. Pastikan tidak ada kerusakan signifikan yang dapat mengurangi performa kendaraan.

Sumber: berbagai sumber