Lebaran Idul Fitri 1444 H Diprediksi Bakal Berbeda, Begini Penjelasan BMKG Soal Potensi Itu

Lebaran Idul Fitri 1444 H Diprediksi Bakal Berbeda, Begini Penjelasan BMKG Soal Potensi Itu

Potensi lebaran Idul Fitri 1444 H diprediksi berbeda diungkapkan oleh BMKG, masih menunggu hasil sidang isbat yang digelar Kemenag RI sore ini, Kamis 20 April 2023.-Salamun Sajati/radarpalembang.disway-

JAKARTA, RADARPALEMBAN. COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ikut bicara terkait kapan jatuhnya 1 Syawal 1444H.

BMKG mengungkapkan potensi keterlihatan hilal yang bakal menjadi penentu hari raya Idul Fitri 2023.

Menurut Koordinator Bidang Tanda Waktu BMKG, Himawan Widiyanto, potensi keterlihatan hilal pada Kamis 20 April 2023 masih sangat kecil.

"Dikarenakan ketinggian hilal dan elongasi pada tanggal 20 April 2023 itu masih relatif rendah, maka potensi keterlihatan hilal sebagai penentu awal bulan Syawal 1444 H masih sangat kecil," ucapnya.

BACA JUGA:Lebaran Diperkirakan Jatuh Pada Jumat 21 April 2023, Cek Infonya Berikut

Himawan mengatakan, ketinggian hilal di Indonesia masih berkisar antara 0,75 derajat di Merauke (Papua) sampai dengan 2,36 derajat di Sabang (Aceh).

Sementara elongasi di Indonesia masih berkisar antara 1,48 derajat di Waris (Papua) s/d 3,09 derajat di Sabang (Aceh).

Selain itu, ada juga parameter hilal lainnya sebagaimana disampaikan dalam bmkg.go.id/hilal-gerhana/

"Tapi kami Tim Hilal BMKG tetap akan berusaha untuk mendapatkan citra hilal awal bulan Syawal 1444 H pada tanggal 20 April 2023," ujar Himawan.

BACA JUGA:Berikut Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023, Catat Alurnya untuk Atur Rencana

Adapun terkait penentuan hari raya Idul Fitri 2023, BMKG masih tetap akan menunggu keputusan pemerintah melalui proses sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag), pada besok, Kamis 20 April 2023.

Jika pada saat sidang isbat nanti, Tim Kemenag yang melaksanakan rukyat hilal di seluruh wilayah Indonesia tidak ada yang melihat hilal, maka Ramadhan 1444 H digenapkan menjadi 30 hari.

"Sehingga 1 Syawal 1444 H akan bertepatan dengan tanggal 22 April 2022, yakni di hari Sabtu," terang Himawan.

Sebaliknya, jika pada saat sidang isbat Tim Kemenag melihat hilal awal bulan Syawal 1444 H, maka hari raya Idul Fitri akan jatuh pada Jumat 21 April 2023.

BACA JUGA:Ada Paket Mudik Spesial Lebaran Deals di Luminor Hotel Palembang, Juga Halal Bi Halal

Diberitakan sebelumnya, Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang memprediksi Lebaran 2023 bakal berbeda.

"Untuk perkiraan Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada hari Sabtu Pon, 22 April 2023," ucapnya.

Hal ini karena sudut ketinggian bulan yang diukur di atas ufuk masih kurang dari 3 derajat atau lebih tepatnya untuk ketinggian hilal di Indonesia itu bervariasi antara 1,3 hingga 2,5 derajat di atas ufuk.

Untuk elongasinya masih antara 2,25-3,75 derajat sehingga belum memenuhi kriteria Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS).

BACA JUGA:9.586 Napi dan Anak Didik Bakal Terima Remisi Lebaran, 48 Orang Langsung Bebas

"Sehingga hilal pada 20 April pada petang besok itu agak sulit diamati bahkan menggunakan alat bantu seperti teleskop," terang Andi.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Penetapan itu dilakukan dengan metode hisab wujudul hilal.

"Muhammadiyah dengan metode hisab wujudul hilal dapat menetapkan puluhan tahun ke depan kapan Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha terjadi," ucapnya.

BACA JUGA:Jelang Lebaran Dana BOSP Cair, Guru Honorer di Palembang Tersenyum Lega.

Dengan begitu, Haedar berkata, Muhammadiyah sudah memiliki kepastian tanggal jauh sebelumnya seperti kegiatan sehari-hari kita mengikuti kalender.

Hasil penetapan dengan metode hisab wujudul hilal itu termaktub dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang Penetaan Hasil Hisab Ramadhan, Syawam, dan Zulhijah 1444 H.

 

 

Sumber: