Kinerja Pertamina 2022, Catatkan Laba Bersih Rp56 Triliun

Kinerja Pertamina 2022, Catatkan Laba Bersih Rp56 Triliun

Kantor PT Pertamina.--Doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Pertamina berhasil membukukan kinerja positif untuk periode tahun 2022 dengan mencatatkan laba bersih sebesar USD3,8 miliar atau Rp56,6 triliun.

Kinerja PT Pertamina untuk periode 2022 tersebut meningkat 86 persen dari laba bersih perusahaan pada tahun 2021, seperti dilansir dari laman resmi pertamina.com.

Raihan kinerja positif untuk laba bersih tahun 2022 ini, membuktikan PT Pertamina semakin baik karena kondisi bisnis di tengah volatilitas harga minyak dan dinamisnya nilai tukar Rupiah.

Dalam gejolak bisnis di 2022, PT Pertamina terbukti tetap dapat meningkatkan kinerja laba bersih tahun 2022 dengan melakukan berbagai upaya baik secara operasional maupun finansial.

BACA JUGA:Wakil Komut Pertamina Pahala Mansury Tinjau Kesiapan Stok BBM dan LPG di Sumbagsel

Sepanjang tahun 2022 dengan positifnya pertumbuhan laba bersih telah membuat kinerja Pertamina Group telah berkontribusi terhadap penerimaan negara mencapai Rp307,2 triliun.

Kinerja PT Pertamina sepanjang 2022 lalu terdiri dari pajak, dividen, PNBP, Minyak Mentah dan/atau Kondensat Bagian Negara, dan signature bonus.

Dengan terus membaiknya catatan kinerja laba bersih PT Pertamina berimbas kepada jumlah setoran ke negara pada 2022 meningkat 83 persen dibandingkan tahun 2021.

Secara rinci, khusus setoran pajak, PT Pertamina pada tahun 2022 telah membayarkan pajak sebesar Rp219,06 triliun.

BACA JUGA:Kapasitas Produksi CDU Kilang Pertamina Plaju Meningkat Jadi 91,3 Ribu Barel per Hari

Angka pembayaran pajak PT Pertamina di 2022 lalu mengalami peningkatan 88 persen dibandingkan tahun 2021.

“Pencapaian ini tentu berkat kerja bersama seluruh Perwira Pertamina,”kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di Jakarta, Senin, 17 April 2023.

Dan, sambung Nicke Widyawati, kinerja positif ini juga tentu tidak terlepas dari dukungan pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, dan Kementerian ESDM.

Pertamina terus mengajak masyarakat untuk mengonsumsi BBM secara bijak dan mulai mengonsumsi BBM yang ramah lingkungan sebagai bentuk dukungan masyarakat untuk mengurangi emisi karbon dan melestarikan bumi.

Sumber: