Tips Merawat Motor Agar Aman Saat Dipakai Mudik Lebaran, Tak Perlu Khawatir Jalan Jauh

Tips Merawat Motor Agar Aman Saat Dipakai Mudik Lebaran, Tak Perlu Khawatir Jalan Jauh

Tips Merawat Motor Agar Aman Saat Dipakai Mudik Lebaran--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Jelang hari raya idul fitri yang tinggal sebentar lagi, banyak persiapan seharusnya sudah kita lakukan salah satunya persiapan mudik.

Mudik adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat perantauan di Indonesia jelang hari raya Idul Fitri, untuk merayakan momen berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Banyak pilihan transportasi untuk perjalanan mudik, ada yang menggunakan transportasi umum seperti, bus, kereta dan pesawat terbang, namun ada pula yang memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Buat kalian yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi sepeda motor, sebaiknya mempersiapkan kendaraan jauh-jauh hari.

BACA JUGA:Blak-blakan Seputar Honda M1, Motor Listrik yang Kabarnya Siap Meluncur di Indonesia

hal ini karena perjalanan mudik bisanya lumayan jauh untuk ditempuh, untuk itu perlu mempersiapkan motor kamu semaksimal mungkin.

Berikut beberpa tips merawat sepeda motor agar aman dipakai saat mudik lebaran.

1. Oli

Oli sangat berperan penting di dalam mesin motor, sebab oli berguna sebagai pelumas dan pendingin mesin ketika mesin dalam keadaan panas. 

BACA JUGA:Catat! Ini 5 Tips Merawat Mesin Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran

Jadi sebelum digunakan untuk perjalanan yang jauh, sebaiknya cek atau ganti oli dengan rutin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika mudik nanti. 

Minimal oli pada motor di ganti setelah sebulan pemakaian atau sekitar 2500 KM perjalanan. 

2. Rem 

Rem juga sangat penting pada motor, karena rem berfungsi untuk memperlambat laju motor ketika akan berhenti. 

Sumber: