5 Manfaat Menjalin Silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri

5 Manfaat Menjalin Silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri

5 Manfaat Menjalin Silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri--

PALEMBANG, RADARPALEMANG.COM - Tak terasa hari raya idul fitri sebentar lagi tiba. Momen ini merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim, karena merupakan hari yang penuh kesucian dan kebahagiaan.

Tidak hanya memakai baju baru, di hari raya idul fitri seluruh umat islam dianjurkan untuk bersilaturahmi kepada saudara dan kerabatnya. Silaturahmi ini erat kaitannya dengan hari raya karena momen yang tepat untuk bermaaf-maafan.

Hal ini bukan jadi tradisi tetapi kewajiban agama dan terdapat dalam ayat-ayat Al-Quran dan hadits bahwa dengan menjalin hubungan silaturahmi akan membawa hikmah dalam kehidupan seseorang.

Mengingat hal tersebut, berikut adalah manfaat pentingnya menjalin silaturahmi!

BACA JUGA:Amalan Terbaik di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan dan Keutamaannya

1.Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Bersilaturahmi merupakan sebuah perintah dari Allah SWT terhadap seluruh hamba nya. Allah SWT sangat tidak suka apabila hamba-nya memutuskan hubungan persaudaraan atau silaturahmi.

Allah SWT tidak segan akan memutuskan hubungan kepada mereka yang memutuskan tali silaturahmi. Dan Allah SWT telah berjanji pahala kepada mereka yang tetap menjaga tali persahabatan maupun persaudaraan.

2. Memperluas Rezeki dan Memperpanjang Umur

BACA JUGA:5 Rekomendasi Baju Lebaran Kekinian, Terbaru dari Local Brand, Buat Kalian Tampil Beda

Menjalin silaturahmi bisa memperluas rezeki dan memperpanjang umur. Momen ini bisa dilakukan dalam hal menolong kerabat yang membutuhkan pertolongan.

Allah menjanjikan pahalanya berupa keberkahan harta yang saling membantu terhadap sesama, bahkan lebih melimpah pahalanya dibanding bersedekah untuk fakir miskin. 

Ungkapan sabda Rasulullah:

“Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (Hadist Riwayat Tirmidzi).

Sumber: