Target Sri Mulyani, ASEAN Pusat Pertumbuhan Dunia

Target Sri Mulyani, ASEAN Pusat Pertumbuhan Dunia

Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) yang diselenggarakan secara kolaboratif oleh Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia di Nusa Dua, Bali, Jumat 31 Maret 2023.--Doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati memberi sinyal penting terkait peran penting dan strategis ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia. 

Hal ini disampaikan Sri Mulyani Indrawati dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) yang diselenggarakan secara kolaboratif oleh Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia di Nusa Dua, Bali, Jumat 31 Maret 2023.

"Kami percaya bahwa ASEAN memiliki tujuan untuk menjadi suatu kawasan dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan,"kata Sri Mulyani Indrawati dikutip dari laman resmi bi.go.id.

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terhadap penilaian tersebut ialah stabilitas pertumbuhan ekonomi ASEAN. 

BACA JUGA:Ramai Tagar Pecat Sri Mulyani dan Stop Bayar Pajak di Twitter

Untuk itu, Sri Mulyani Indrawati menghimbau agar harus memperkuat kapasitas ASEAN dalam menghadapi berbagai tantangan yang pernah dialami di masa lalu.

"Termasuk (kapasitas ASEAN) yang tidak kalah penting adalah menghadapi tantangan baru yang muncul saat ini, hingga tantangan dua puluh tahun ke depan," tegas Sri Mulyani Indrawati. 

Berbagai upaya bersama dalam menghadapi berbagai tantangan baru yang muncul saat ini telah terefleksikan dalam tema Keketuaan Indonesia, yaitu ASEAN Matters, Epicentrum of Growth

Dengan tema Epicentrum of Growth, Indonesia berharap ekonomi ASEAN akan tetap relevan, strategis, dan penting bagi dunia, atau dengan kata lain ASEAN Matters. 

BACA JUGA:Kesepakatan Menkeu Sri Mulyani dengan Menkeu Shun'ichi Suzuki, Jepang Dukung Percepatan Transisi Energi

Epicentrum of Growth mencerminkan Indonesia ingin menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi regional dan dunia. 

"ASEAN (Epicentrum of Growth) selalu menjadi suatu titik terang dalam perekonomian dunia, di mana kawasan ini menawarkan prospek ekonomi yang lebih menjanjikan dibandingkan dengan prospek ekonomi dunia,"kata Sri Mulyani Indrawati.

Epicentrum of Growth menjadi suatu landasan kolaborasi dan kerja sama ASEAN yang kuat perlu dilakukan agar ASEAN mampu bertahan terhadap berbagai risiko yang dapat mengancam perekonomian kawasan.

Diketahui, Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN berkumpul di Nusa Dua, Bali untuk menegaskan kembali komitmen bersama untuk menjaga stabilitas keuangan.

Sumber: