Polda Sumsel dan UBD Luncurkan Pak Kepo

Polda Sumsel dan UBD Luncurkan Pak Kepo

Aplikasi Pak Kepo, hasil kerja sama Polda Sumsel dan Universitas Bina Darma hari ini resmi diluncurkan.--Doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Aplikasi Pak Kepo, hasil kerja sama Polda Sumsel dan Universitas Bina Darma hari ini resmi diluncurkan di Ruang Auditorium Lantai 7 Gedung Presisi Polda Sumsel,  Kamis 30 Maret 2023.

Peluncuran aplikasi Pak Kepo termasuk dalam kegiatan Rakernis Fungsi SDM T.A. 2023. Kegiatan dibuka dengan dibuka dengan penampilan Rampak Kendang Personel Biro SDM Polda Sumsel.

“Sebelumnya pada proses rekuitmen Polri terlalu banyak calon Polri yang mendaftar sehingga kami kesulitan, melalui aplikasi Pak Kepo ini diharapkan dapat membantu proses Polri terutama di Polda Sumsel,” ujar Kapolda Sumsel, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, S.I.K., M.I.K.

Kapolda Sumsel juga berharap tahun-tahun berikut makin banyak yang ikut mendaftar menjadi Polri yg unggul, berkualitas, inovatif, dan memiliki integritas tinggi.

BACA JUGA:UBD Sukses Gelar Lomba Video dan Poster, Berikut Daftar Nama Pemenang Lomba

Sementara Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Haribowo, S.I.K., M.S.i. dalam sambutannya mengharapkan aplikasi Pak Kepo dapat memudahkan masyarakat atau calon Polri untuk mendapat informasi dan mendaftar melalui aplikasi ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor Universitas Bina Darma, Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M, Ria Andryani, M.M. M. Kom. selaku Wakil Rektor Bidang SDM, dan M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., P.hD, Wakil Rektor Bidang Akademik.

Di bawah naungan Dr. Edi Surya Negara, M.Kom., Wakil Rektor Bidang Riset, Teknologi dan Inovasi, Tim DSTI Universitas Bina Darma berhasil menyelesaikan project pembuatan aplikasi Pak Kepo. 

Anggota Tim DSTI Universitas Bina Darma terdiri dari Dr. Edi Surya Negara, M.Kom, Ahmad Sazili, Riski Saputra, Iqbal Wahyudi, Dedek Julian, dan Padel M Agam.

BACA JUGA:Narasumber Diskusi Sistem Penjamin Mutu Eksternal Dukung UBD Unggul 2025

“Kami sangat senang bisa bermitra dan membantu Polda Sumsel dalam pengembangan Teknologi Informasi, semoga kami dapat bersinergi dalam kerjasama lainya,” ujar Dr. Edi Surya Negara, M.Kom.

Untuk pembuatan aplikasi Pak Kepo, ada beberapa tahap yang harus dilalui. Pertama, perancangan dan analisis system yang mendetail sesuai dengan kebutuhan Polda Sumsel.

Lalu dilanjutkan dengan proses pengcodingan dilakukan secara pararel dan langsung di Puhs ke Google dan IOS.

Aplikasi Pak Kepo juga memiliki kelebihan,  antara lain, user friendly, praktis dan memudahkan pengecekan umur, persyaratan dan pengumuman pendaftaran calon Polri terutama di Polda Sumsel sehingga informasi yang diterima masyakat cepat dan update.

Sumber: