Dapil V Serap Aspirasi Warga OKU dan OKU Selatan

Dapil V Serap Aspirasi Warga OKU dan OKU Selatan

Anggota DPRD Sumsel asal Dapil V pada kegiatan reses tahap I tahun 2023pada 6 hingga 13 Maret 2023 di Kabupaten OKU dan OKU Selatan.-ist-

Sosialisasi Pencegahan Stunting di Tengah Masyarakat

SUMSEL, RADARPALEMBANG.COM - Anggota DPRD Sumsel asal Dapil V pada kegiatan reses tahap I tahun 2023. Reses berlangsung pada 6 hingga 13 Maret 2023 di Kabupaten OKU dan OKU Selatan,dalam reses ini para wakil rakyat sosialisasi pencegahan stunting.

Reses sendiri dihadiri langsung seluruh anggota Dapil V yaitu Fathan Qorib ST, Yenny Elita SPd MM, Hj Susilawati SH MKn, Heru Prayogo SH, dan Andie Dinaldie SE MM.

Koordinator Dapil V, Iwan Hermawan, dibincangi usai kegiatan reses, mengatakan tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang stunting dan penyebab gejalanya, meningkatkan pengetahuan peserta tentang resiko tinggi dan pengenalan tanda kelahiran pada kehamilan.

"Stunting sendiri sebenarnya merupakan keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi pada waktu yang cukup lama," kata Iwan.

Pemberhentian pertumbuhan meliputi pertumbuhan tubuh dan otak. Stunting menyebabkan anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan anak-anak lain yang seusia dengannya. Stunting juga menyebabkan keterlambatan perkembangan cara berpikir.

Stunting dapat dicegah jika orang tua mengambil langkah-langkah penting dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak. Jika anak tidak mendapatkan makanan dan perawatan yang tepat selama waktu khusus itu, efeknya bisa sangat berbahaya. Hampir setengah dari kematian anak di seluruh dunia terkait dengan kondisi ini.

Namun reses sendiri banyak yang disampaikan oleh masyarakat mulai dari pendidikan, infrastruktur, pertanian dan lainnya. Seluruh aspirasi masyarakat ditampung yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak terkait.(*)

 

 

Sumber: