Daftar Wilayah dan Jalur Tikus Masuknya Pakaian Bekas di Sumatera di 4 Provinsi dan 8 Kota

Daftar Wilayah dan Jalur Tikus  Masuknya Pakaian Bekas di Sumatera di 4 Provinsi dan 8 Kota

Aktivitas pedagang pakaian bekas di Kota Tembilan, salah satu tempat jalur tikus masuknya pakaian bekas. --istimewa

Pelabuhan Dumai merupakan salah satu penopang ekonomi Provinsi Riau. Aktivitas ekspor dan impor di pelabuhan ini sangat sibuk. Di sana juga terdapat kawasan industri Dumai, Lubuk Gaung. 

BACA JUGA:MMKSI Pamerkan Mitsubishi XFC Concept di Palembang Hingga Besok 18 Maret

Merangkum dari situs Pelindo.co, Pelabuhan Dumai mampu melakukan bongkar muat crude palm oil (CPO) sebesar 400 ribu ton per bulan. 

Perairan dumai sejak era 70-an sangat terkenal dengan pintu masuknya pakaian bekas dari luar negeri. Daerah ini juga menjadi syurga bagi penyelundup. 

Banyak sungai-sungai dan anak sungai di sana yang bisa dimanfaatkan sebagai jalur tikus bagai penyelundup termasuk pakaian bekas. 

Umumnya, para penyelundup membongkar muatan kapal kayu yang bermuatan pakaian bekas itu pada malam hari. Jalur Sungai yang kerap dijadikan sebagai jalur tikus memasukkan pakaian bekas memlalui jalur sungai. 

BACA JUGA:5 Olahraga yang Cocok Buat Kamu di Akhir Pekan, Simak Artikelnya Dibawah Ini

Dari Dumai para pedagang pakaian bekas termasuk para penyelundup akan mendistribusikan barang itu di Riau Daratan seperti Pekan Baru, Bangkinang, Pelalawan dana lain-lain. 

Pendistribusian partai besar pakaian bekas dari dumai, menyasar Sumatera Barat, Palembang, Lampung dan Jakarta. 

Di Kota Dumai banyak sekali toko yang menjual pakaian seperti baju, celana, jaket, pakaian, boneka dan lain-lain. 

Banyak juga toko yang menjual  barang-barang bekas impor selain pakaian, seperti kasus, springbed, meja, kursi, sofa hingga elektronik. 

4. Provinsi Sumatera Utara 

Impor pakain bekas resmi di Sumatera Utara (Sumut) masuk melalui Pelabuhan Belawan. Pelabuhan Belawan salah satu pelabuhan terbesar di Sumatera. Aktivitas bongar muat ekspor di sini pada umumnya adalah 

BACA JUGA:Zainudin Amali Mundur, Jokowi Tunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy Plt Menpora

Komoditas ekspor unggulan, yakni Crude Palm Oil (CPO)  dan turunannya. Selain sawit komoditas lain yang menjadi unggulan Pelabuhan Belawan adalah Karet. 

Sumber: