Bank Syariah Indonesia Dongkrak Wirausaha Muda Lewat Onboarding TWB 2023

Bank Syariah Indonesia Dongkrak Wirausaha Muda Lewat Onboarding TWB 2023

Bank Syariah Indonesia Dongkrak Wirausaha Muda Lewat Onboarding TWB 2023 di Universitas Sriwijaya Palembang--dok. radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengadakan Onboarding Talenta Wirausaha BSI (TWB) 2023 di Palembang di Graha Sriwijaya, Universitas Sriwijaya Palembang, Selasa, 14 Maret 2023.

TWB merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda dan MuslimPreneur untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya, sehingga mampu bersaing di kancah global.

Hal ini sejalan dengan spirit BSI untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Go Halal, Go Digital dan Go Global.

Onboarding TWB diramaikan dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari ekspo UMKM, inspiring speech, dan talkshow.

BACA JUGA:Berikut Ini Jadwal Libur Sekolah di Sumsel, Sambut Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H

Gagasan MuslimPreneur dan membangkitkan kewirausahaan ini telah disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir sejak TWB angkatan pertama pada 2022.

Bermula dari pengamatan langsung Erick saat berkeliling ke pesantren-pesantren di Indonesia bersama Dirut BSI Hery Gunardi.

“Saya sudah mengajak Direktur Utama BSI untuk datang ke pesantren-pesantren karena memang kita ingin pesantren sebagai mercusuar peradaban supaya keseimbangan ekonomi bisa terjadi.

BACA JUGA:Terus Manjakan Pelanggan, Samsung Luncurkan Type Galaxy A Seris Terbaru

Apalagi, lanjutnya, saat Covid-19 ini jelas terdapat kesenjangan, maka diperlukan keseimbangan dan intervensi. Menurut dia, di sinilah peran negara untuk memastikan kesenjangan tidak semakin melebar.

Sementara pada sesi Inspiring Speech, Komisaris Independen BSI M. Arief Rosyid Hasan menyampaikan, rasio pengusaha di Indonesia masih rendah, berada di kisaran 3,74 persen.

Padahal disebutkannya, untuk masuk ke dalam kategori negara maju,  harus mendongkrak rasio ini.

“Untuk mewujudkan Indonesia Maju, kita butuh melompat ke persentase 12 persen wirausaha. Oleh karena itu, BSI melalui program TWB ini mendukung upaya peningkatan jumlah wirausaha tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA:Terus Manjakan Pelanggan, Samsung Luncurkan Type Galaxy A Seris Terbaru

Masih kata Arief, selain di lingkungan civitas akademika seperti Unsri, pihaknya juga masuk ke masjid dan pesantren-pesantren untuk mencari bibit-bibit MuslimPreneur.

Sedangkan RCEO BSI Region 3 Palembang Wachjono menegaskan, sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI berkomitmen untuk menjalin sinergi dan berkolaborasi dengan para pihak, termasuk perguruan tinggi.

Pemilihan Unsri sebagai lokasi onboarding TWB 2023 adalah menyambungkan sinergi dengan perguruan tinggi terbaik di Sumatera
Selatan.

“Selain itu, Unsri memiliki komitmen yang sejalan dengan BSI dalam pengembangan wirausaha berbasis komunitas”, ucap Wachjono.

BACA JUGA:Berikut Penantang Herman Deru pada Pilgub Sumsel 2024, Mulai Anggota DPR RI hingga Mantan Wakil Gubernur

Onboarding TWB 2023 di Palembang juga menghadirkan Area Manager BSI Palembang Zulfahmi AR, Ketua BPD HIPMI Sumsel Hermansyah Mastari, Koordinator FoSSEI Sumbagsel Sutris Cahyono, dan pemilik Galeri Wong Kito Anggi Fitrilia Putri Pratama.

Pada tahun kedua pelaksanannya, TWB mengajak calon wirausaha dan wirausaha eksisting untuk empat kategori, yakni kategori Pemula, kategori Rintisan, kategori Berdaya, dan kategori Santri.

Melalui keempat kategori ini diharapkan BSI dapat memfasilitasi para wirausaha untuk beradu ide sesuai dengan segmentasi usaha

Tahun ini, BSI menargetkan 7.500 orang mengikuti TWB 2023 dengan menyasar kota-kota besar seperti Malang, Surabaya, Jakarta, Medan, Palembang, Padang, Bandung, Yogyakarta, dan lainnya. Kota-kota ini dipilih mengingat potensi industri kreatif yang besar dan minat program ini pada tahun sebelumnya.

 

 

Sumber: