Ini Cara PKB Sumsel Antisipasi Kecurangan Saat Pemilu 2024

Ini Cara PKB Sumsel Antisipasi Kecurangan Saat Pemilu 2024

Ramlan Holdan Ketua DPW PKB Sumsel, PKB Sumsel Antisipasi Kecurangan Saat Pemilu 2024 --sumeks.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG - Guna mengantisipasi kecurangan yang terjadi saat pemilu 2024 mendatang DPW PKB Sumsel menggelar Training of Trainer (TOT) untuk Lembaga Saksi Pemenangan PKB se Sumsel.

Dikutip dari palpos.disway.id Ketua DPW PKB Sumsel, Ramlan Holdan mengatakan kalau DPW PKB Sumsel mengadakan TOT ini guna menciptakan saksi handal, yang akan bertugas untuk mengamankan suara PKB pada pemilu 2024.

"PKB sengaja memberikan pembekalan kepada saksi partai, agar mereka faham dengan tugas dan fungsinya saat pemilu mendatang," ujar Ramlan, saat diwawancarai usi TOT di Hotel Emilia, Selasa, 14 Februari 2023.

Menurut Ramlan, saksi adalah ujung tombak dari perjuangan partai, maka penting dilakukan penguatan saksi saat pemilu 2024 nanti.

BACA JUGA:Amankan Suara, DPW PKB Sumsel Berikan Pembekalan Saksi

Oleh karenanya para saksi tidak hanya diberikan pemahaman tentang tugas dan fungsinya. dalam TOT Ini, tapi juga diajarkan memanfaatkan teknologi yang ada untuk mengamankan perolehan suara.

"Kita akan meminta semua saksi kita untuk memfoto atau memvideokan hasil surat suara dari semua TPS," ujar Ramlan.

Sementara itu mengenai penggunaan kotak dan bilik suara kardus, salah satu kader PKB yang hadir yakni mantan Kabareskrim Polda, Susno Duadji mengatakan, bilik edan kotak suara kardus bisa dipastikan tidak aman, dan sangat rawan terjadinya kecurangan.

"Oleh sebab itu, kami akan terus memperkuat saksi. Dan kami juga meminta mereka semua memfoto hasil rekap suara setiap tahapan. Sehingga bila terjadi perbedaan hasil rekap, kita punya dasar untuk melakukan protes," katanya.

BACA JUGA:Hasil Komunikasi Politik Cak Imin dan Airlangga Hartarto, KIB dan Koalisi Gerindra-PKB Berpotensi Bergabung

Mengenai keputusan dirinya untuk terjun kedunia politik dan bergabung ke PKB, Susno mengatakan, Dirinya pilih bergabung ke PKB karena dari sejumlah partai yang ada, PKB adalah yang paling cocok dengan dirinya.

"Selain itu, PKB adalah partai islam yang sangat mencintai negara dan bangsa. Bahkan PKB adalah founding father bangsa ini.

Dimana bangsa ini bisa merdeka berkat perjuangan dan peran para dari kiai. Bahkan kiai NU mengatakan perjuangan adalah  h wujud dari mencintai iman dan islam.

"Karena saya sudah pensiun, maka saya salurkan pengabdian saya ke PKB. Hal itu bukan krena saya ingin jadi anggota dewan atau kepala daerah. Tetapi ini murni untuk membantu masyarakat bangsa ini," tukasnya.

Sumber: berbagai sumber