Megawati Sudah Kantongi Capres PDIP Untuk Pilpres 2024 , Siap Diumumkan Juni 2023

 Megawati Sudah Kantongi Capres PDIP  Untuk Pilpres 2024 , Siap Diumumkan Juni 2023

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, akan umumkan Capres PDIP pada Juni 2023. ----dok/radar palembang

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri sudah mengantongi figur Calon Presiden (Capres) untuk Pemilu 2024 dan siap diumumkan pada Bulan Juni 2023. PDIP juga sudah menggandeng partai koalisi. 

Menurut Ketua Ketua DPP PDIP Said Abdullah, partainya tidak akan jalan sendiri dalam mengusung Capres untuk Pilpres 2024. PDIP lanjutnya, akan menggandeng partai politik lain sebagai mitra koalisi. 

‘’Kami tidak mungkin sendirian menggusung Capres  pada Pilpres 2024 dan akan bergotong royong dengan partai lain. Membangun bangsa yang amat besar ini tidak bisa sendirian,’’ujar Said Abdullah, DPR RI, Senayan Jakara pada Rabu, 8 Februari 2023.  

BACA JUGA:Hasil Safari Politik PKS ke Golkar, Hadang PDIP Ubah Sistem Pemilu Proporsional Terbuka Menjadi Tertutup

Said Abdullah  menegaskan, PDIP juga tidak akan sembarangan dalam memilih partai koalisi. Kriteria untama untuk mengajak kerjasama dengan partai lain adalah, se-ideologi  sehingga  memiliki visi dan misi yang sama. 

‘’Nama Capres PDIP dan partai mitra koalisi sudah ada di tangan Ibu Ketua Umum. Insya Allah pengumumannya pada Juni 2023 mendatang,’’ujarnya. 

Said Abdullah menjelaskan mekanisme dalam penentuan Capres di tubuh PDIP. Para kader pun menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum Megawati Soekarno Putri, termasuk nasib Puan Maharani. 

BACA JUGA:8 Parpol Tolak Sistem Proposional Tertutup, PDIP Kekeh Dukung Ada Apa?

‘’Kalau nanti Mbak Puan diminta menjadi Capres, ya capres. Begitu juga jika diminta menjadi Caleg, ya jadi caleg. Tidak ada anak emas dan anak perak di PDIP. Semua kader adalah petugas partai,’’ujarnya. 

PDIP akan mengusung kader sendiri sebagai Capres. Sinyal ini diungkapkan oleh Jokowi pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-50  pada Selasa, 10 Januari 2023 lalu. 

‘’Saya senang, Ibu Mega bakal menunjuk kader sendiri sebagai Capres dan prosesnya sangat hati-hati . Ibu Mega tidak mau grusa-grusu seperti partai lainnya dalam menetapkan Capres,’’ujarnya.

BACA JUGA:Pengamat Sebut PDIP Bakal Usung Puan Capres 2024

Sementara itu, Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa berpendapat, PDIP bisa memenangi kontestasi Pilpres untuk ketiga kalinya pada Pilpres 2024. Syaratnya, partai berlambang momcong putih itu mengusung calon yang popular.  

Pada Pemilu 2019, PDIP berhasil memperoleh 22 persen suara/kursi di parlemen. Sementara itu, Golkar 13,8 persen dan Gerindra 11,2 persen.

Sumber: