IPAL Sei Selayur Palembang Uji Coba pada Mei 2023, Ini Target Sasaran Wilayahnya

IPAL Sei Selayur Palembang Uji Coba pada Mei 2023, Ini Target Sasaran Wilayahnya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak melalukan tinjauan pembangunan IPAL Sei Selayur, pada Kamis 3 Februari 2023.--Doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM -Proses Commisioning Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur di Kota Palembang akan dilakukan pada Mei 2023 mendatang. 

Walikota Palembang, Harnojoyo, pada Kamis 2 Februari 2023 mengatakan Mei nanti akan kita lakukan uji coba karena sekarang progres pembangunan IPAL Sei Selayur di Palembang ini sudah mencapai 93 persen.

Saat ini, kata Walikota Palembang, proses uji coba IPAL Sei Selayur di Palembang membutuhkan 1.500 liter limbah cair dari 1.400 SR (Sambungan Rumah). 

Untuk tahap awal, target sasaran akan ada 1.400 SR yang akan diuji coba IPAL Sei Selayur di Palembang, yaitu kawasan yang disasar untuk pemasangan pipa ada di wilayah Merdeka juga Palembang Indah Mall (PIM).

BACA JUGA:Nilai Proyek IPAL Palembang Capai Rp 1,6 Triliun, Masyarakat akan Nikmati Hal Ini

"Pemasangan pipa pertama IPAL Sei Selayur di Palembang untuk (target sasaran) perkantoran, perusahaan, seperti di jalan Merdeka, PIM, Jalan Sekanak," katanya.

Pemasangan pipa IPAL Sei Selayur di Palembang, menurut Walikota Palembang, (target sasaran) ke rumah warga total sebanyak 22 ribu SR (sambungan rumah) ini akan dilakukan secara bertahap.

Tak selesai di tahun ini, menurut Walikota Palembang Harnojoyo, dimulai dari tahun ini sudah dianggarkan Rp26 miliar, kemudian 2024 dan 2025.

Nantinya IPAL Sei Selayur di Kota Palembang ini akan dikelola oleh Perumda Tirta Musi (PDAM Tirta Musi), dan akan ada pengenaan tarif untuk setiap pelanggannya dengan besaran masih dikaji.

BACA JUGA:Sambungan Rumah IPAL Sei Selayur Palembang Butuh Dana Rp 120 Miliar Untuk 11 Ribu SR Agar Beroperasi 2024

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak, pada Kamis 3 Februari 2023  mengatakan zona IPAL di Sei Selayur Kota Palembang ini seluas 5,7 hektar.

"Dengan kapasitas flow dari jaringan 20 juta liter per hari dan kapasitas septage flow 1.100 liter per hari, pembangunan ini merupakan hibah Australia sebesar Rp465 miliar," katanya.

Terkait pembangunan IPAL Sei Selayur Kota Palembang ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memberikan sharing dana sebesar Rp 20 miliar untuk biaya pemasangan pipa ke rumah warga. 

Tak hanya Pemprov Sumsel saja, pemerintah pusat pun membantu 1.100 sambungan di tahun ini, terkait rencana, nantinya air limbah dari rumah-rumah, mall, dan perkantoran, akan salurkan ke IPAL Sei Selayur di Kota Palembang dan diolah.

Sumber: