20 Tahun Radar Palembang, Happy Rotation

20 Tahun Radar Palembang, Happy Rotation

ist--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Harian Radar Palembang adalah koran bisnis dengan jaringan terbesar di Sumatera Selatan di bawah naungan Sumatera Ekspres Grup. Hari ini, 1 Februari 2023, Radar Palembang genap berusia 20 tahun. Usia menuju kematangan, di tengah serbuan media online.

Bisnis media di Sumsel memang sangat antuasias, ini bisa dilihat dari data jumlah media yang sudah terivikasi di Dewan Pers yang mencapai ratusana perusahaan. Mengutip dari laman dewanpers.or.id, jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat selama dua tahun terakhir.

Hanya saja, pertumbuhan yang paling mencolok adalah mulai banyaknya media online yang bermunculan. Sekarang, informasi terbaru didapat dengan sangat mudah. Peralihan pembaca menuju online readers bukan lagi suatu wacana ataupun ilusi yang sulit untuk dibuktikan.

BACA JUGA:20 Tahun Radar Palembang, Transformasi Digital

 

Karena itu, bisnis surat kabar cetak pun memasuki era disrupsi. Kata disrupsi untuk mengatakan adanya perubahan paradigma, terkait kemudahan mendapatkan informasi di masyarakat.

Paradigma yang  memaksa media massa cetak harus mampu beradaptasi dan bertransformasi. Ketika semakin banyak konsumen media yang pindah ke platform digital berbasis internet, tentu saja perusahaan media pun harus mengikuti hal tersebut. Perusahaan media, harus mengembangkan dirinya, serta siap untuk bergerak ke platform digital.

Apa itu disrupsi? Secara bahasa, disruption artinya gangguan atau kekacauan; gangguan atau masalah yang mengganggu suatu peristiwa, aktivitas, atau proses.

BACA JUGA:Kenaikan Harga Wuling 2023 Untuk Semua Series, New Confero Paling Laku

 

Disrupsi merupakan sebuah era baru, yang merupakan kombinasi dari perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat yang menyebabkan terjadinya beragam perubahan.

Radar Palembang pun, tidak terlepas dari era disrupsi. Perlu langkah strategis untuk mempertahankan atau menambah pembaca baru dari pembaca digital.

Perkembangan industri media memang tidak bisa terlepas dari peran teknologi sehingga transformasi keperilakuan dari pembaca media juga terkait dengan proses revolusi dan evolusi dari teknologi yang melingkupi eksistensi media.

BACA JUGA:5 Cara Memilih SMA Boarding school Terbaik untuk Prestasi Siswa

Sumber: