Setelah Lihat Kebun Gambir, Kakanwil Kemenhumham Sebut Gambo Pantas Dapat Hak Intelektual

Setelah Lihat Kebun Gambir, Kakanwil Kemenhumham Sebut Gambo Pantas Dapat Hak Intelektual

Kakanwil Kemenhumham Sumsel Ilham Djaya saat melihat kebun gambir penghasil kain Gambo di Desa Babat Toman, Muba.-kominfo muba-

MUBA, RADARPALEMBANG.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI Provinsi Sumsel Ilham Djaya datang ke MUBA melihat langsung proses pembuatan kain Gambo.


Hal ini tidak terlepas dari laporan Pj Bupati Muba Apriadi, terkait adanya oknum yang mau mengklaim kain Gambo.

Lokasi yang didatangi Kakanwil Kemenhumham Sumsel adalah Desa Babat Toman. Di sini, ia melihat langsung proses pembuatan kain Gambo, mulai dari panen, penggilingan, hingga finishing.

BACA JUGA:Siapa Oknum yang Mau Klaim Kain Gambo Muba?

 

Kakanwil Ilham juga melihat langsung kondisi perkebunan Gambir, dan juga proses pembuatan jumputan batik Gambo yang dikelola UKM Galeri Surya Gambo.

Pada kunjungan tersebut, Kakanwil Ilham melakukan pertemuan tatap muka dengan masyarakat setempat yang terdiri Sekretaris Camat Babat Toman, Kepala Desa Toman, petani gambir, pengrajin gambo, pengrajin jumputan gambo, tokoh masyarakat, serta Bappeda Muba.

Galeri Surya Gambo merupakan Usaha Kecil Menengah yang memproduksi batik gambo, getah gambo, pewarna gambo, dan daun gambo langsung dari petani Gambo wilayah setempat.

BACA JUGA:Ini Lokasi UKK Muba, Kemenkumham Sumsel Apresiasi Pemkab Muba

 

“Hari ini kami secara langsung meninjau tanaman Gambir yang telah didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual sebagai Kekayaan Intelektual Indikasi Geografis Kabupaten Musi Banyuasin,” ungkap Ilham, Jumat, 28 Januari 2023.

Menurut Ilham, tanaman Gambir sebagai Indikasi Geografis karena berdasarkan dokumen pendaftaran tanaman ini memiliki karakteristik khusus, memiliki kualitas yang berbeda dengan gambir yang tumbuh di daerah lain.

“Gambir merupakan tanaman spesifik lokasi di wilayah Kabupaten Musi banyuasin, yang sejak lama diusahakan di wilayah desa Toman Kecamatan Babat Toman. Kondisi alam Desa Toman membuat tanaman gambir memiliki kekhasan dibandingkan dengan gambir daerah lain,” ungkap Ilham.

BACA JUGA:Gubernur, Pj Bupati, PLN, Bikin Dua Desa di Pelosok Muba Terang

Sumber: