Sambut Tahun Baru Imlek, Kelenteng Marga Yap Gelar Ritual Tutup Tahun

Sambut Tahun Baru  Imlek, Kelenteng Marga Yap  Gelar Ritual Tutup Tahun

Sukardi Ketua Kelenteng Marga Yap, ketua Paguyuban ANXI Sukarta dan pengurus kelenteng marga Yap saat melakukan ritual Imlek --

 

 

 

PALEMBANG,  RADAR PALEMBANG , Menyambut tahun baru Imlek 2574 BE, Kelenteng marga Yap yang terletak di jalan Inspektur  Marzuki  Palembang menggelar ritual tutup tahun  Kamis 19 Januari 2023.

Hadir dalam ritual tersebut ketua Paguyuban Anxi Sumsel Sukarta,  Ketua Kelenteng marga Yap Sukardi dan wakilnya Hendri.serta pengurus kelenteng marga yap

Sukardi Ketua Kelenteng Marga Yap didampingi wakilnya Hendri mengatakan, kalau ritual ini merupakan ritual untuk mengucapkan terimakasih kepada Thien dan para dewa atas rizky, keselamatan dan kesehatan sepanjang Tahun ini, “ita juga berharap Tahun kelinci air  kehidupan umat dan masyarakat Palembang bisa lebih baik lagi. Iya intinya lebih maju.,"”katanya.

Sukardi mengatakan ritual diawali pada pukul 12.00 wib yakni ritual kepada Thien dan para dewa kemudian ritual dilanjutkan pada  pukul 14..00 wi. "Setelah itu jamuan makan sederhana bersama umat," ucapnya. 

Sukardi juga menjelaskan tentang Imlek  atau Sin Tjia adalah sebuah perayaan yang dilakukan oleh para petani di Cina yang biasanya jatuh pada tanggal satu di bulan pertama di awal tahun baru. Perayaan ini juga berkaitan dengan pesta para petani untuk menyambut musim semi.

“Perayaan ini dimulai pada tanggal 30 bulan ke-12 dan berakhir pada tanggal 15 bulan pertama. Tahun ini Imlek jatuh pada tanggal 22 Januari 2023,”katanya.

 Acaranya meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Sang Pencipta, dan perayaan Cap Go Meh.

“Tujuan dari persembahyangan ini adalah sebagai wujud syukur dan doa harapan agar di tahun depan mendapat rezeki lebih banyak, untuk menjamu leluhur, dan sebagai sarana silaturahmi dengan kerabat dan tetangga,”katanya.. 

 

Sumber: