5 Tips Merawat Motor Listrik Agar Selalu Prima, Nomor 4 Penting Biar Lebih Awet

5 Tips Merawat Motor Listrik Agar Selalu Prima, Nomor 4 Penting Biar Lebih Awet

Tips Merawat Motor Listrik Agar selalu dalam performa yang prima saat di gunakan--

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Bagi para pecinta otomotif merawat kendaraan bermotor adalah hal yang wajib dilakuan apabila menginginkan kendaraan yang dimiliki selalu dalam performa yang prima.

Begitu pula bagi kita yang memiliki kendaraan listrik seperti motor listrik, meski perawatannya terbilang lebih mudah dan tidak sebanyak perawatan motor dengan pembakaran internal.

Selain minim polusi dan hemat bahan bakar, masalah perawatan juga jadi salah satu yang membuat orang saat ini banyak memilih kendaraan listrik, khusunya motor listrik.

Harga jual yang cukup terjangkau pun kian membuat menjamurnya populasi motor listrik di Indonesai. Harga motor listrik sendiri sekarang berkisar mulai dari harga Rp2 Juta hingga Rp20 juta tergantung merek dan sepesisifikasi.

BACA JUGA:5 Tiips Memilih Motor Listrik Sebelum Memastikan Membeli, Nomor 1 Paling Penting

Motor listrik diketahui memiliki komponen yang lebih simpel ketimbang motor dengan pembakaran internal, diantaranya motor listrik tak membutuhkan oli mesin atau oli transmisi yang mesti diganti secara rutin.

Meski demikian tetaplah bagi para pemilik kendaraan listrik melakukan rutinitas perawatan kendaraan, hal ini guna menjaga performa kendaraan agar tetap prima.

Dilansir dari carmudi.co.id, menurut Surya penanggung jawab diler Gesits di Jakarta Selatan, bahwa perawatan motor listrik tetaplah penting mengingat motor listrik memiliki beberapa komponen diluar mesin yang sama seperti motor dengan pembakaran internal, seperti van belt dan lain-lain.

“Motor ini kan enggak pakai bensin, enggak pakai oli, tapi pakai listrik. Jadi untuk perawatan tentunya enggak ada masalah, perawatan untuk motor listrik tetap dibutuhkan, misalnya saja penggantian van belt setelah odometer mencapai jarak tempuh tertentu.” ujar Surya.

BACA JUGA:Inilah Penyebab Meredupnya Honda dan Yamaha Dikanca MotoGP

Mengenai perawatan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga performa motor listrik, berikut kami telah merangkum 5 cara perawatan motor listrik.

1. Rutin Cek dan Ganti Van Belt


--

Salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah Van Belt, fungsi van belt ini adalah untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang agar motor bisa melaju.

Van Belt memiliki batas usia pemakaian, biasanya rata-rata sekitar 3.000 km, dan bila sudah mencapai jarak tempuh tersebut, sebaiknya lakukan penggantian, kendati kondisi tarikan motor masih terasa nyaman dan kencang.

BACA JUGA:Jangan Rubah 5 Hal Ini Saat Modifikasi Sepeda Motor Bila Tak Ingin Ditilang Polisi

Sumber: carmudi.co.id