BI Sumsel Sebut 13 Pemda Naik Status Kategori Digital

BI Sumsel Sebut 13 Pemda Naik Status Kategori Digital

Kegiatan Digital Kito Galo 2022 yang diadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan.--doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Bank Indonesia Perwakilan Sumsel atau BI Sumsel merilis data Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD), dimana dalam satu tahun terakhir ada 9 pemda yang naik status dari tahap maju ke tahap digital. 

Dalam catatan BI Sumsel di Semester II tahun 2021 yang mencatat 4 Pemerintah Daerah pada Tahap Digital, 14 Pemerintah Daerah pada Tahap Maju, dan 2 Pemerintah Daerah pada Tahap Berkembang. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Erwin Soeridimadja, Selasa 17 Januari 2023 mengatakan perkembangan menggembirakan terjadi pada awal tahun 2023. 

Dimana, kata Erwin, hasil penilaian Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) periode Semester II tahun 2022 berhasil membawa 13 Pemerintah Daerah berada pada Tahap Digital dan 5 Pemerintah Daerah berada pada Tahap Maju. 

BACA JUGA:BI Sumsel Baksos Bersama Pejuang Kebersihan

“Pencapaian ini meningkat pesat dibandingkan periode Semester II tahun 2021 yang mencatat 4 Pemerintah Daerah pada Tahap Digital, 14 Pemerintah Daerah pada Tahap Maju, dan 2 Pemerintah Daerah pada Tahap Berkembang,”jelas dia.

Kinerja ini, menurut Erwin, pencapaian yang sangat baik ini tidak terlepas dari kontribusi nyata seluruh anggota TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) bersama Bank pemegang Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

Tak lupa, Erwin menambahkan kinerja ini juga terwujud karena adanya partisipasi seluruh masyarakat sebagai wajib pajak dan wajib retribusi serta seluruh pihak yang berperan dalam ETPD, termasuk di dalam peningkatan literasi digital berkolaborasi bersama Kementerian Dalam Negeri. 

Erwin juga mengakui dukungan dan komitmen kepala daerah menjadi salah satu kunci dalam mengangkat IETPD yang diberikan oleh seluruh Kepala Daerah dalam rangkaian kegiatan Pre-Event Festival Ekonomi Keuangan Daerah Indonesia. 

BACA JUGA:KBI Sumsel Hadirkan Khen Rinpoche Geshe Gyalten

Yakni Digital Kito Galo 2022 yang diadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan sebagai bagian dari side event G20 bertemakan digitalisasi.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh anggota perwakilan TP2DD yang telah bersinergi dan berkolaborasi. 

Terutama dalam menyiapkan data dan informasi yang mendukung pelaporan perkembangan penilaian ETPD di daerah sebagaimana telah dilakukan pada Desember lalu. 

Penilaian ETPD dilakukan melalui perhitungan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) yang dilaporkan oleh masing-masing Pemerintah Daerah dalam Sistem Informasi Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (SIP2DD). 

Sumber: