Warga Palembang Belum Punya KIS, Buruan Daftar Ini Caranya

Warga Palembang Belum Punya KIS, Buruan Daftar Ini Caranya

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Finda), Belum Punya KIS, Warga Palembang Bisa Berobat Pakai KTP--sumeks.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Realisasi Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kota PALEMBANG mencapai 99,93 persen per tahun 2022.

Yang artinya sedikit lagi semua warga Palembang telah terjamin masalah kesehatanya oleh Pemerintah kota (pemkot) Palembang.

Namun bila masih adanya warga Palembang yang belum memiliki KIS dapat tetap memperoleh layanan kesehatan apa bila ingin beroobat cukup dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP).

Dikutip dari sumseks.disway.id, bagi masyarakat yang hendak mendaftar KSI, menurut Wakil walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Finda) prosesnya sangatlah mudah cukup dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) saja, Senin, 9 Januari 2023.

BACA JUGA:Belum Punya KIS, Warga Palembang Bisa Berobat Pakai KTP

"Masyarakat cukup membawa persyaratan berupa fotokopi Kartu Keluarga (KK) saja," kata finda usai mengunjungi warga sakit di Jl Angkatan 45, Lorong Harapan, RT39, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang.

Finda mengatakan, untuk masyarakat yang ingin mendaftar KIS caranya cukup melampirkan fotokopi KK, kemudian warga dapat mendaftar atau mengurus ke beberapa tempat pelayanan yang tersedia, seperti di Kelurahan atau Kecamatan, Puskesmas, dan Dinas Sosial Kota Palembang.

"Tempat pendaftaran KIS pun beragam pilihan, mulai dari kelurahan atau kecamatan setempat. Puskesmas setempat, dan Dinas Sosial Kota Palembang," jelas Finda.

Lanjut Finda, ketika masyarakat Palembang telah memiliki KIS. Maka warga akan mendapat fasilitas jaminan kesehatan dari Pemkot Palembang. 

BACA JUGA:Dampingi Walikota Harnojoyo, Sekcam Kemuning Pernah Tidur Hanya 2 jam

"Semuanya akan dilayani sepenuh hati," ucapnya.

Ditambahkan Finda warga Palembang dapat menggunakan KIS disemua fasilitas kesehatan yang ada di kota Palembang, mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit.

"Jadi untung sekali jika warga mendaftar KIS dapat digunakan dimana pun atau kapan pun saat diperlukan. Biaya juga ditanggung seluruhnya oleh pemerintah, termasuk obat-obatan," tukasnya.

Tahun 2023 ini Pemkot Palembang optimis menargetkan realisasi KIS akan mencapai 100 persen yang artinya seluruh warga kota Palembang di jamin kesehatanya oleh Pemkot Palembang.

Sumber: sumeks.disway.id