Belum Punya KIS, Warga Palembang Bisa Berobat Pakai KTP

Belum Punya KIS, Warga Palembang Bisa Berobat Pakai KTP

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Finda), Belum Punya KIS, Warga Palembang Bisa Berobat Pakai KTP--sumeks.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Bagi warga kota PALEMBANG yang belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) tak perlu khawatir, karena kini dalam keadaan darurat warga PALEMBANG cukup melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kalau ingin berobat.

Dilansir dari sumseks.disway.id, kabar ini disampaikan lagsung oleh Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Finda) saat dirinya mengunjungi salah satu warhga yang tengah sakit di Jl Angkatan 45, Lorong Harapan, RT39, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Senin 9 Januari 2023.

"Kalau kondisi benar-benar sakit darurat butuh berobat, cukup melampirkan KTP saja yang menunjukkan masyarakat Palembang, dan nanti akan dilayani," ujar Finda.

Dijelaskan Finda tempat-tempat yang bisa menerima KTP sebagai syarat untuk berobat adalah fasilitas kesehatan milik pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. 

BACA JUGA:Dampingi Walikota Harnojoyo, Sekcam Kemuning Pernah Tidur Hanya 2 jam

Adaun fasilitas kesehatan tersebut adalah seluruh Puskesmas di wilayah kota Palembang, Rumah Sakit (RS) Gandus dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) BARI Palembang.

Diketahui, realisasi Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kota Palembang mencapai 99,93 persen per tahun 2022. Capaian 99,93 persen tersebut dari total masyarakat Kota Palembang per tahun 2022 yakni 1.729.546 penduduk.

"Kita telah mendapat laporan bahwa pengguna KIS di Kota Palembang yang terdaftar sudah 99,93 persen per tahun 2022, sedikit lagi hampir 100 persen," kata Finda

Ditambahkan Finda KIS sangat bermanfaat bagi masyarakat Palembang, sebab masyarakat tak perlu khawatir karena telah dijamin kesehatamnya oleh Pemerintah.

BACA JUGA:Sekda Minta ASN Bekerja Tidak Sekadar Isi Daftar Hadir

"Saat warga telah terdaftar KIS, jaminan kesehatannya akan dijamin oleh Pemerintah Kota Palembang," jelasnya.

Tahun 2023 ini Pemkot Palembang optimis menargetkan realisasi KIS akan mencapai 100 persen yang artinya seluruh warga kota Palembang di jamin kesehatanya oleh Pemkot Palembang.

"Kami yakin tahun 2023 dapat mencapai target KIS 100 persen. Karena ini tinggal sekian persen sedikit lagi semua warga dapat memiliki KIS," tukasnya.

Artikel ini sebelumnya telah tanyang di sumeks.disway.id dengan judul "Warga Palembang tak Punya Kartu KIS untuk Berobat, KTP Jadi Pengganti"

Sumber: sumeks.disway.id