Tas Bambu Musi Rawas Dikirim Hingga ke Bali

Tas Bambu Musi Rawas Dikirim Hingga ke Bali

Mitra Binaan Bank Sumsel Babel di Musi Rawas --Doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Ternyata dan tak disangka, ada produk khas Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan yang mampu menembus pasar di Bali.

Tak hanya Bali, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM ini juga telah melakukan pemasaran produk hingga ke Batam.

Dan, ini terungkap saat Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin melakukan kunjungan ke mitra binaan UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Ternyata, UMKM tersebut merupakan mitra binaan dari Bank Pembangunan Daerah yang berkantor pusat di Jakabaring, Palembang.

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Raih The Best Overall Performance

Kunjungan, pada Minggu, 8 Januari 2023, Achmad Syamsudin didampingi Pemimpin Bank Sumsel Babel Cabang Muara Beliti ibu Wendy Dwi Ayu S saat melakukan kunjungan ke mitra binaan UMKM Bank Sumsel Babel yaitu Rimanci dan Batik Ida.

Rimanci dan Batik Ida adalah mitra binaan Bank Sumsel Babel cabang Muara Beliti yang memproduksi dan menjual tas yang berasal dari bambu. 

Bermula ditahun 2016 karena banyaknya tanaman bambu di Musi Rawas, muncullah ide dari pemilik Rici untuk membuat tas yang berbahan dasar bambu. 

Pengiriman produk yang berpusat di Desa O Mangunharjo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi rawas ini pun sudah sampai Kota Batam dan Bali.

BACA JUGA:ASN Menang Undian Pesirah, Ibu Ini Nyaris Pingsan Gara-gara Bank Sumsel Babel Pendopo

Batik Ida sendiri merupakan produk batik motifnya diambil dari kekayaan alam kabupaten Musi Rawas dengan rumah produknya beralamat di komplek agropolitan Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas. 

Kunjungan ini, menurut Syamsudin, sebagai Bank Pembangunan Daerah yang mempunyai salah satu misi yaitu memberi solusi produk dan layanan dengan pola kemitraan berkelanjutan.

Caranya, sambung dia, melalui pengembangan kapabilitas sesuai tantangan bisnis, Bank Sumsel Babel kian hangat dalam merangkul UMKM di wilayah Provinsi Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung. 

"Kami akan terus melakukan kolaborasi dan memperkuat kemitraan dengan UMKM khususnya yg ada di wilayah Sumsel dan Babel," ujar Achmad Syamsudin.

Sumber: