Kapolda Sumsel: Waspada, Ini Ciri-Ciri Pengguna NARKOBA

Kapolda Sumsel: Waspada, Ini Ciri-Ciri Pengguna NARKOBA

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIKmenyampaikan tentang ciri-ciri pengguna dan bahaya bagi pengguna NARKOBA--Dok. radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan (NARKOBA) saat ini sudah sangat masif dirasakan di lingkungan kita.

Penggunaan NARKOBA secara terus menerus akan mengakibatkan kecanduan, dan apabila sudah menjadi jandu akan sulit untuk dihilangkan atau berhenti dari penggunaan NARKOBA.

Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK dalam kegiatan Jumat Curhat di Aula Kantor Camat Ilir Timur (IT) I di Jalan Mayor Santoso No 1.20 ilir D III Palembang.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Sumsel menyampaikan tentang apa saja ciri-ciri pengguna dan bahaya bagi pengguna NARKOBA.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Serahkan Budikdamber ke Warga Plaju Darat

Dilansir dari palpres.disway.id, menururt Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmad, ciri-ciri pengguna narkoba itu bervariasi, tergantung pada jenis dan dosis NARKOBA yang dikonsumsinya. 

Namun secara umum, ada ciri-ciri pengguna NARKOBA yang dapat dikenali seperti, mata cekung kemerahan, kurang memperhatikan kebersihan, sehingga penampilan fisik jadi tidak terawat.

Selain itu para pengguna NARKOBA juga mudah tremor dan merasa gugup, perubahan berat badan drastis, warna kulit pucat, rambut rontok, memar atau infeksi yang tidak kunjung sembuh, rentan sakit, mengeluarkan air mata dan keringat berlebihan.

Sedangkan untuk ciri psikis pemakai narkoba yakni perubahan suasana hati yang signifikan, perubahan kepribadian, tidak dapat menikmati hal-hal yang dulu disukai, cenderung lebih impulsif, halusinasi dan delusi, muncul gejala depresi atau kecemasan, seperti panic attack, sulit berkonsentrasi, mudah marah dan tersinggung Insomnia.

BACA JUGA:Polda Sumsel Pasang 52 Unit Kamera ETLE di Sumsel, Simak 7 Titik Lokasi Penambahan di Kota Palembang 

"Untuk gejala fisik, kita melihat beberapa jenis NARKOBA memunculkan beberapa tanda khas ketika dikonsumsi secara berlebihan. 

Misalnya, penggunaan ganja dapat menyebabkan mata merah, volume suara yang lebih keras, tertawa tanpa sebab, dan penurunan atau peningkatan pada berat badan," ujar Irjen Pol Rachmad. Jumat, 6 Januari 2023.

Sedangkan ciri-ciri pengguna NARKOBA lainnya yang terlihat yakni cenderung memiliki kehidupan sosial dan finansial yang buruk. 

Mereka juga lebih berisiko untuk melakukan hal-hal yang berbahaya, karena efek halusinasi yang timbul dari penggunaan obat terlarang.

Sumber: