Kilang Pertamina Serahkan Budikdamber ke Warga Plaju Darat

Kilang Pertamina Serahkan Budikdamber ke Warga Plaju Darat

Kilang Pertamina Plaju serahkan bantuan warga Plaju Darat --Doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju atau Kilang Pertamina Plaju kembali melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL ke masyarakat sekitar.

TJSL Kilang Pertamina Plaju kali ini menyerahkan bantuan peralatan dan bahan budidaya ikan dalam ember atau budikdamber, Senin, 2 Januari 2023.

Dimana, terdapat 20 Rumah Tangga Miskin atau RTM di Kelurahan Plaju Darat, Kecamatan Plaju yang mendapatkan bantuan dari Kilang Pertamina Plaju.

Dalam kesempatan ini, Kilang Pertamina Plaju berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Sumatera Selatan untuk sasaran penerima bantuan. 

BACA JUGA: Kilang Pertamina Plaju Dorong Budidaya Ikan Sungai Gerong Gunakan Pakan Alternatif

Tak hanya bantuan alat, Kilang Pertamina Plaju juga memberikan penyuluhan ke penerima bantuan mengenai budidaya ikan di media tanam yang lebih murah dan mudah digunakan.

Area Manager Communication, Relations dan CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari mengatakan bantuan ini sebagai bentuk dukungan pada Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan atau GSMP.

"GSMP merupakan program dicanangkan oleh pemerintah provinsi Sumsel, dan melalui program ini kami ingin masyarakat dapat menghasilkan bahan pangan secara mandiri,"jelas dia, Jumat, 6 Januari 2023.

Diharapkan bantuan yang mendukung program mandiri pangan yang digagas Pemprov Sumsel akan membuat masyarakat secara aktif untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

BACA JUGA:Klaim Efisien Operasional Kilang Pertamina Rendah

"Sehingga bisa dikonsumsi sendiri atau bahkan dikembangkan untuk dijual sebagai penghasilan tambahan," katanya.

"Kami berkomitmen program serupa dapat diperluas untuk wilayah ring I perusahaan sehingga lebih banyak lagi manfaat yang dirasakan oleh masyarakat," jelas Rachmi. 

Sebelumnya, Kilang Pertamina Plaju juga telah mengoptimalkan program TJSL yang fokus pada sektor perikanan melalui kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) Barokah di Dusun II Srinanti, Desa Sungai Gerong. 

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumsel, Widada Sukrisna mengatakan bantuan yang diberikan oleh Kilang Pertamina Plaju menjadi pelengkap dalam implementasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang diinisiasi gubernur Sumsel sejak 2021 lalu. 

Sumber: