Optimalisasi Bahan Klinker, Efek Korporasi SMBR Gabung ke SIG

Optimalisasi Bahan Klinker, Efek Korporasi SMBR Gabung ke SIG

Optimalisasi Bahan Klinker, Efek Korporasi SMBR Gabung ke SIG--Dok. radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG - Bergabungnya PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) dengan Semen Indonesia Group ternyata banyak membawa dampak positif kepada aksi korporasi kedepannya.

Salah satu dan paling utama terjadi efisiensi dan efektivitas dari kedua perusahaan yakni PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) dan Semen Indonesia Group.

Selain itu, adanya kerjasama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) dan Semen Indonesia Group ini memperkuat posisi jangkauan pemasaran khususnya di wilayah Sumatera Bagian Selatan atau Sumbagsel.

Direktur Utama SMBR Daconi Khotob mengatakan dari sisi produksi, SMBR dan SIG dapat melakukan benchmark untuk pengoptimalan bahan klinker yang lebih sedikit dan efektif.

BACA JUGA:Pemerintah Alihkan 75,51 Persen Saham Semen Baturaja ke SIG

Tentunya, akuinya, membawa dampak positif untuk kedua belah pihak. Integrasi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) dan Semen Indonesia Group menciptakan efisiensi pada sistem procurement di industri semen.

"Volume produksi semen dapat meningkat dengan tetap menerapkan efisiensi, karena peralatan yang dipakai untuk kebanyakan pabrik semen menyerupai satu sama lain,"ungkap Daconi.

Bagi kedua koorporasi, baik PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) dan Semen Indonesia Group ada penyatuan dalam sistem order akan memberikan posisi tawar yang lebih baik secara grup.

Integrasi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) dan Semen Indonesia membawa dampak positif bagi keduanya, dimana angkah besar ini memperkuat posisi BUMN Sub Klaster Semen untuk menghadapi pasar yang kompetitif. 

BACA JUGA:Bantu Pemkab OKU, Semen Baturaja Siap Dukung Masyarakat Melalui Program CSR

Kekuatan SMBR di pasar Sumbagsel menjadi potensi yang sangat besar untuk memantapkan penguasaan pasar domestik terbesar kedua di wilayah Sumatera.

Di sisi pemasaran, menurut Daconi, melihat adanya value creation yang didapatkan melalui integrasi dengan SIG, keberadaan SMBR dirasa mampu memperkuat dan mengisi pasar di wilayah Sumbagsel.

"Kedekatan perseroan dengan wilayah pasar ini menciptakan efisiensi, sehingga kami siap bersama-sama dengan SIG untuk mencapai target mendatang," ujarnya.

BACA JUGA:Saat Permintaan Semen Sumbagsel Turun Pendapatan Semen Baturaja Justru Tumbuh 9 Persen

Sumber: