Bupati Kecewa Tes CAT PPK Lahat Tak Gunakan Live Scor

Bupati Kecewa Tes CAT PPK Lahat Tak Gunakan Live Scor

Bupati Lahat Cik Ujang saat mengecek tes PPK--

 

 

 

LAHAT, RADAR PALEMBANG- Sistem perekrutan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) oleh KPUD Lahat yang dilakukan dengan CAT disesalkan bupati Lahat Cik Ujang,SH saat memantau langsung hari pertama tes yang berlokasi di SMA N 3 Lahat. Pasalnya, usai tes hasil CAT tidak bisa Live Scor (Lihat Nilai Langsung) sehingga hal ini masih memicu keraguan masyarakat khususnya peserta tes PPK Pemilu tahun 2024 mendatang.

Bupati Lahat Cik Ujang, SH mengatakan, dengan proses tes live score yang dapat lansung di akses oleh seluruh peserta tes, merupakan langkah untuk menghindari ke ragu - raguan dari peserta tes itu sendiri. Dengan demikian jalannya tes calon PPK ini nantinya tidak meninggalkan tanda tanya bagi peserta tes yang dinyatakan tidak lulus.
"Jumlah peserta tes calon PPK ini 1.500 orang dengan penerimaan sebanyak 150 orang untuk mengisi di 24 kecamatan di Kabupaten Lahat," terang Bupati Lahat.

Masih menurut Bupati Lahat, dengan banyaknya jumlah peserta tes calon PPK, seharusnya KPU Lahat sudah menerapkan sistim nilai live score. Bukan tidak mungkin, dari banyak nya peserta yang tidak lulus akan memunculkan dugaan - dugaan bahwa hasil tes sudah ditentukan.

"Kita tak ingin hal - hal itu terjadi, jika dilakukan live score maka dugaan - dugaan yang ditudingkan kepada KPU Lahat adanya kecurangan dalam rekrutmen calon PPK ini bisa dihindari," pungkas Bupati Lahat.

salah satu peserta yang enggan menyebut namanya menuturkan, System' CAT tanpa menggunakan Live Skor masih berpeluang bagi oknum tertentu untuk berlaku curang. Apalagi jumlah peserta sangat banyak sedangkan jarak waktu pengumuman sampai Lima hari kedepan. Namun, apapaun hasilnya sebagai peserta tentu mematuhi aturan yang ada.

"Kami yakin Panpel akan berbuat adil dan tidak berlaku curang, karena jika hal yang tidak diinginkan terjadi maka kami yakin, Allah SWT akan memberikan balasan bagu oknum yang tak bertanggung jawab,"pungkasnya.(man)

Sumber: