Usai Kalahkan Ecuador 1-2, Senegal Melaju Kebabak 16 Besar Piala Dunia 2022

Usai Kalahkan Ecuador 1-2, Senegal Melaju Kebabak 16 Besar Piala Dunia 2022

koulibaly saat mencetak goal kemenangan untuk senegal --Tangkapan Layar instagram/@fifaworldcup

QATAR, RADAR PALEMBANG - Senegal melaju kebabak 16 besar saat mengalahkan Ekuador 1-2 pada laga penentuan Grup A Piala Dunia 2022. Dengan hasil, Singa Teranga berhak menemani Belanda ke babak 16 besar.

Kepastian tersebut didapat dari hasil Ekuador vs Senegal yang berkesudahan dengan skor akhir 1-2, Selasa (29/11/2022) di Stadion Khalifa International.

Senegal unggul di babak pertama lewat penalti Ismaila Sarr di menit ke-44, kemudian Ekuador mampu menyamakan di babak kedua lewat sepakan Moises Caicedo di menit ke-68.

Namun Senegal akhirnya berbalik unggul lewat tendangan voli Kalidou Koulibaly di menit ke-70, sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini. Skuad asuhan Aliou Cisse pun melaju ke fase gugur untuk pertama kalinya sejak 2002.

BACA JUGA:Belanda Jadi Tim Keempat Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Usai Kalahkan Qatar 2-0

Senegal mengakhiri penyisihan Grup A dengan menempati urutan kedua dengan torehan enam poin. Ekuador turun ke posisi ketiga dengan empat poin

Senegal yang butuh kemenangan tampil menekan sejak awal. Idrissa Gueye mendapat peluang di menit ke-3, namun tembakan jarak dekatnya melebar tipis di sisi kanan gawang Ekuador.

Senegal kembali memperoleh peluang emas di menit ke-8, saat Boulaye Dia lolos dari jebakan offside, namun ia terburu-buru dan sepakannya melebar di sisi kiri. Menit ke-12, tembakan jarak jauh Iliman Ndiaye juga melenceng jauh dari sasaran.

Kesempatan mencetak gol kembali didapat pada menit ke-25 saat umpan silang Ismail Jakobs disambut oleh Abdou Diallo, tetapi sundulannya belum tepat sasaran. Menit ke-37, giliran sundulan Pathe Ciss yang terbuang percuma karena tak mengarah ke gawang.

BACA JUGA:Daftar Tim yang Berhasil Lolos dan gugur ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Senegal mendapat hadiah penalti di menit ke-42. Pelanggaran Piero Hincapie terhadap Ismaila Sarr di kotak terlarang membuat wasit Clement Turpin menunjuk titik putih. Sarr maju sebagai penendang, dan sukses mengecoh kiper Ekuador, Hernan Galindez.

Skor 1-0 untuk Senegal menutup babak pertama.

Pada babak kedua, pertandingan berlangsung lebih seru. Ekuador mau tak mau harus merespon ketinggalan satu gol dari Senegal di laga ini.

Hasilnya nampak di menit ke-68. Berawal dari skema sepak pojok, Felix Torres mengirim sebuah umpan lambung.

Sumber: berbagai sumber