Ajang Silaturahmi dan Berbagi Ilmu

Ajang Silaturahmi dan Berbagi Ilmu

Pose bersama dengan para Bikkhu --

 

 

 

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG- Memeringati 36 tahun masa pengabdian dan juga HUT ke 62 Bhiksu YM Nyanamaitri Mahasthavira, ribuan umat Buddha yang ada di Pulau Sumatera yakni Jambi, Medan, Bangka Belitung, Sumsel, Lampung dan DKI Jakarta dan Bogor turut hadir untuk berbagi kebahagian dan silahturahmi.

 Tidak hanya itu saja, berbagai hiburan dan atraksi seni juga ditampilkan oleh panitia dan muda-mudi dari Keluarga Budhayana Indonesia (KBI) Sumsel. 

Dimana dalam momentum tersebut, ribuan umat Budha yang membaur jadi satu ini dengan setia mengikuti acara yang disiapkan panitia. Bahkan di saat itu, dengan dibimbing langsung Bhiksu YM Nyanamaitri Mahasthavira, umat ini terlihat sangat khusyu berdoa agar diberikan keberkahan dan juga umur panjang. 

" Ini sebagai penghormatan sekaligus juga penghargaan kepada Bhiksu YM Nyanamaitri Mahasthavira yang sudah 36 tahun ini, mengabdi dan babarkan ajaran Buddha ke kita semua yang ada di berbagai pelosok kota di tanah air termasuk di Sumsel khususnya lagi di Kota Palembang. Apalagi selama ini di Sumsel tidak sedikit muridnya yang kini menjadi pemuka agama Buddha di berbagai Vihara yang ada sekarang ini," ungkap Ketua Panitia yang diamini Ketua MBI Sumsel, Ideham Pendi dan Ketua MBI Kota Palembang, Sukartek dibincangi di sela-sela acara di Soma Ballroom, Minggu (27/11) malam.

Oleh karena itu, ditambahkan Ketua MBI Sumsel, Ideham Pendi momen ini juga merupakan saat yang paling tepat bagi semua umat Buddha yang hadir tersebut untuk bersilahturahmi dan jua berbagi pengalaman dan jua ilmu yang dimiliki tadi untuk perkembangan dari agama Budha di tanah air. Unruk itu, dirinya juga berharap dari momen ini akan terjalin hubungan baik dari semua umat Buddha tadi. 

" Selain kita bisa Bersilahturahmi pada umat dari daerah lain, kita juga dapat berbagi pengalaman dan ilmu yang kita miliki untuk perkembangan ajaran Buddha dan mampu implementasikan semua ajaran tadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Sehingga nantinya kita akan menjadi jauh lebih baik dan lebih memahami ajaran Budha di kehidupan sehari-hari," ulasnya didampingi Ketua MBI Kota Palembang, Sukartek.

Sementara, Pembimas Agama Budha Kanwil Kemenag Sumsel, Wiswadas yang dibincangi koran ini menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang ada saat ini. Menurut Wiswadas tadi, hal ini juga menjadi ajang bagi semua umat untuk kian menjalin silahturahmi yanh selama ini terkendala jarak serta waktu tersebut. Paling tidak melalui momen ini, dapat lebih memahami dan menjalankan ajaran Buddha yang lebih baik lagi ke depannya.

" YM Nyanamaitri Mahasthavira sejauh ini sudah memberikan kita contoh baik dengan pengabdiannya 36 tahun untuk pengembangan dan penyebaran ajaran Buddha tersebut. Oleh karena itu juga, sebagai umat yang baik tentunya bisa mengambil pelajaran yang baik untuk kita bisa menjadi umat Buddha yang jauh lebih baik lagi ke depannya. Saya juga secara pribadi sangat apresiasi dan mensupport penuh. Semoga nanti kegiatan seperti ini bisa terus digelar," pungkasnya. (sep)

Sumber: