Gempa Cianjur Teras Hingga Balai Kota Jakarta, ASN dan Pejabat Berhamburan Keluar

Gempa Cianjur Teras Hingga Balai Kota Jakarta, ASN dan Pejabat Berhamburan Keluar

Ilustrasi Gempa Cianjur, Senin 21 November 2022--

JAKARTA, RADAR PALEMBANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa bumi berkekuatan M 5,6 siang ini. Seperti dikutip dari Twitter resmi BMKG, gempa itu terjadi di kedalaman 10 kilometer pada Senin, 21 November 2022 pukul 13:21:10 WIB.

Gempa hari ini terasa hingga Jakarta, aparatur sipil negara (ASN) di Balai Kota, Jakarta Pusat berhamburan keluar sekitar pukul 13.23 WIB.

Mereka berlari menuju halaman Balai Kota,  lampu yang menggantung juga bergoyang, sejumlah pejabat pemerintah DKI turut memadati halaman Balai Kota, seperti Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Uus Kuswanto, Kepala Dinas Pendidikan Nahdiana, dan Wakil Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Nasruddin Djoko, Surjono.

Ada juga Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suharti. Dulu Suharti menjabat Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Penduduk dan Permukiman Jakarta. Nahdiana terlihat menyapa Suharti.

BACA JUGA:BMKG: Gempa Cianjur Tidak Berpotensi Tsunami

"Koordinat 6.84 lintang selatan dan 107.05 bujur timur," tulis BMKG.

Pusat gempa berada 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, Jabar. 

Alarm peringatan di Gedung Blok G Balai Kota juga berbunyi. Saat berita ini ditulis pukul 13.40 WIB, alarm tanda bahaya itu sudah tak terdengar lagi.

Sejumlah ASN juga masih berada di luar ruangan. Beberapa dari mereka duduk di tangga lobi Blok G atau di halaman Balai Kota. Ada yang tampak membawa tasnya, tapi ada juga yang hanya keluar ruangan tanpa memboyong apa pun.

BACA JUGA:Breaking News Gempa Besar Guncang Jabodetabek

mengungkap penyebab gempa kuat yang terasa di Jakarta. Dia mengatakan pusat gempa terjadi di sekitar Cianjur.

"Jadi yang baru saja terjadi ada posisi di sekitar Sukabumi-Cianjur," kata Kepala BMKG Dwikorita di Gedung DPR, Jakarta.

Selain di Jakarta, gempa turut dirasakan di Sukabumi, Bogor, Bandung, hingga Depok.

 

Sumber: berbagai sumber