Daftar Peringkat Maskapai Terbaik dan Terburuk di Dunia, Ada Juga dari Indonesia

Daftar Peringkat Maskapai Terbaik dan Terburuk di Dunia, Ada Juga dari Indonesia

ilustrasi daftar maskapai peringkat terbaik dan terburuk di dunia--disway.id

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG - Bagi seorang traveller atau yang suka bepergian baik lokal atau mancanegara tentunya dalam memilih maskapai penerbangan merupakan hal yang penting, karena bila ternyata maskapai yang dipilih ternyata delay sampai berjam-jam tentu sangat tidak menyenangkan.

Atau pelayanan yang buruk dari staff juga kadang sering di alami. Hal inilah yang dibahas salah satu situs yang khusus membahas perjalanan' yakni bounce memaparkan hasil studinya dalam peringkat terbaik dan terburuk di tahun 2022 ini.

Menariknya dalam hasil studinya tersebut ada dua maskapai Indonesia yang masuk kedalamnya, apa saja maskapainya?.

Dikutip dari halaman situs resminya dalam daftar peringkat maskapai terbaik dan terburuk di dunia, bahwa penelitian dilakukan dalam beberapa kategori.

Yakni ada sembilan kategori penilaian meliputi:on-time arrival satau ketepatan waktu, cancellations atau pembatalan, meals score atau layanan makan, in-flight entertaintment atau hiburan di penerbangan, seat comfort score atau kenyamanan kusi, free carry on allowance atau bebas biaya bagasi, free checked domestic allowance atau bebas biaya bagasi domestik, hingga free checked international allowance atau bebas biaya bagasi internasional.

Kemudian kategori di atas dihitung berdasarkan skor dengan nilai akhir dari angka 1 sampai 10 pada airline index score. Dan menghasilkan 50 daftar maskapai mulai dari yang terbaik hingga yang terburuk di dunia.

Pada hasil akhirnya Singapore Airlines mendapatkan peringkat pertama sebagai maskapai yang terbaik di  dunia pada tahun 2022 ini. Merupakan maskapai asal Singapura, Singapore Airline berada di peringkat pertama dengan hasil ketepatan waktu 86,04 persen, 0,19 persen
tingkat pembatalan dan juga skor lain yang hampir sempurna.

Singapore Airline mendapatkan nilai otal akhir (overall) pada airline index score sebesar 7,69.

Kemudian Selain Singapura, maskapai mendapatkan peringkat dua ialah maskapai asal Jepang yakni All Nippon Airways (ANA) yang mendapatkan nilai total dengan skor 7,48, lalu peringkat ketiga disusul oleh maskapai asal Negara Korea Selatan yaitu Korean Air, dengan mendapatkan nilai total skor 7,19.

Lalu bagaimana dengan maskapai dengan peringkat 50 kebawah, atau dengan maskapai terburuk versi Bounce, Untuk peringkat 50 yang hanya mengantongi total skor 0,72 ialah maskapai asal Indonesia yaitu Lion Air.

Dengan nilai keterlambatan atau delay 42,27 persen dan tingkat pembatalan penerbangan sebanyak 34,43 persen dan ada juga bebrapa skor lain yang kurang baik tentunya.

Untuk peringkat maskapai terburuk kedua juga ditempati maskapai asal Indonesia, yaitu masih satu saudara dengan Lion Air ialah Wings Air atau yang berada diperingkat 49.

Wings air mendapatkan nilai total 1,11 dalam airline score indeks, disusul oleh maskapai FlayDubai di peringkat 48 dan juga AirAsia India yang
menyusul di peringkat 47 dalam peringkat maskapai versi Bounce tersebut.

 

Daftar maskapai terbaik di dunia 2022 versi Bounce ialah :


1.Singapore Airlines, Singapura skor(7,69)
2.All Nippon Airways, Jepang skor(7,4????
3.Korean Air, Korea Selatan skor(7,19)
4.Qatar Airways, Qatar skor(7,03)
5.Vistara, India skor(6,19)
6.Hainan Airlines, Cina skor(5,92)
7.Finnair, Finlandia skor(5,76)
8.Ethiopian Airlines, Etopia skor(5,37)
9.Emirates, Uni Emirat Arab skor(5,2????
10.Aegean Airlines, Yunani skor(5,0????

Daftar maskapai terburuk di dunia 2022 versi Bounce:
1.Lion Air, Indonesia skor(0,72)
2.Wings Air, Indonesia skor(1,11)
3.Flydubai, Uni Emirat Arab (UEA) skor(1,1????
4.AirAsia India, India skor(1,34)
5.Shenzhen Airlines, China skor(1,54)
6.VivaAerobus, Meksiko skor(1,56)
7.Wizz Air, Hungaria skor(1,79)
8.Ryanair, Irlandia skor(2,06)
9.AirAsia, Malaysia skor(2,06)
10.Volaris, Meksiko skor(2,15)

Untuk versi lengkap 50 peringkat maskapai versi Bounce bisa liat di situs resmi:
https://usebounce.com/blog/2022-airline-index

 

Sumber: berbagai sumber