Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Hari Ini BMKG Kembali Rilis 35

Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Hari Ini BMKG Kembali Rilis 35

ilustrasi: cuaca buruk, BMKG Rilis Wilayah Cuaca Ekstrem--

JAKARTA, RADAR PALEMBANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali merilis data wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem besok Minggu 13 November2022.

BMKG memberikan peringatan dini setidaknya ada 35 wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem tersebut.

BMKG juga memaparkan peta sebaran untuk potensi gelombang tinggi di beberapa perairan di indonesia, dan juga terjadinya hujan lebat dan angin kencang baik di darat maupun perairan.

BMKG merilis wilayah cuaca ekstrem disebabkan telah melakukan pemantauan yang terdapat sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat Sumatera, laut Jawa, Laut Natuna, dan di Samudera Pasfifik utara Halmahera membentuk daerah perlambatan atau pertemuan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di peraitan utara Aceh hingga ke Sumatera Utara, dari kepulauan Mentawai hingga ke Jambi, kemudian dari Samudera Hindia Selatan Jawa Barat hingga Barat Banten, laut Jawa, Kalimantan di bagian tengah, serta laut Sulawesi.

BACA JUGA:Resmi, 3 Provinsi Baru Indonesia Apa Saja

Kemudian BMKG memantau daerah konvergensi memanjang di aAwa Timur hingga ke Jawa Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi bagian selatan, Maluku, dan juga Papua. Dengan keadaan tersebut menimbulkan pemingkatan potensi pertumbuhan awan hujan disekitar wilayah sirkulasi siklonik disepanjang daerah konvergensi yang jelaskan tadi.

Berikut data wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ektrem, (hujan lebat dan kilat/petir dan juga angin kencang) :

-Aceh

-Sumatera Utara

-Riau

-Kepulauan Riau

-Bengkulu

-Jambi

-Sumatera Selatan

Sumber: