Gandeng Pakar Obat Dan Kepolisian Pemkot Palembang Bakal Disidak Apotik

Gandeng Pakar Obat Dan Kepolisian Pemkot Palembang Bakal Disidak Apotik

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda--

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG - Kumpulkan para ahli obatan-obatan serta bekerja sama dengan aparat kepolisian, Pemerintah kota PALEMBANG akan melakukan penertiban beredarnya beberapa obat yang saat ini menjadi permasalahan secara nasional.

Selain bekerja sama dengan para pakar obat-obatan, Pemkot Palembang menggandeng Tim dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi dan  Dinkes kota Palembang.

Hal ini di ungkapkan Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, bahwa adanya permasalahan yang sedang viral mengenai beberapa peredaran obat yang saat ini menjadi perbincangan dikalangan masyarakat yang resah.

"Ya ada 102 obat-obatan yang masih dikaji ulang peredarannya, selain itu juga ada 3 obat yang tidak boleh beredar di kalangan masyarakat atau  di apotek," ujarnya.

BACA JUGA:Kepala Dinas Pendidikan Palembang Zulinto Diganti

Untuk 3 obat yang sudah dihentikan peredarannya belum bisa dirilis karena masih dalam penelitian oleh Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Dari dampak tersebut, ada 4 anak yang mengalami gagal ginjal dan 1 meninggal, ini juga menjadi bentuk perhatian kita jangan sampai ada lagi kasus baru yang timbul.

Maka dari itu langkah percepatan sudah kita ambil dengan melakukan pertemuan bersama beberapa pakar obatan, Apoteker serta dari pihak kepolisian," jelasnya saat memimpin rapat di kantor Litbang Bapeda kota Palembang, Senin, 24 Oktober 2022.

Lanjutnya, hal ini sudah jelas berdasarkan instruksi BPOM Republik Indonesia dan Kementrian Kesehatan telah melarang bahkan menghentikan peredarannya dikalangan  masyarakat.

BACA JUGA:2023 Palembang Prioritaskan Persoalan Infrastruktur Kemacetan dan Lingkungan Kumuh

Selain itu  juga kita bersama IDAI sepakat tidak mengeluarkan resep obat dalam berbentuk sirup sampai masalah ini ada arahan lebih lanjut dari Kemenkes.

"Kita pastikan bersama tim bersama akan melakukan monitor budak sidak bersama BPOM guna mengantisipasi obatan tersebut tidak beredar di apotek dikalangan masyarakat," pungkasnya.

Sumber: