Terus dikebut, Pembangunan Tol Listrik semakin Perkuat Kelistrikan Sumatera

Terus dikebut, Pembangunan Tol Listrik semakin Perkuat Kelistrikan Sumatera

Terus dikebut Pembangunan Tol Listrik --

 

RADAR PALEMBANG - Kemajuan pembangunan Tol Listrik 275 kV Sumatera berupa SUTET 275 kV Lahat (Lumut Balai) - Gumawang dan SUTET 275 kV Phi Incomer Muara Enim sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional terus digenjot progressnya. Sehingga dapat segera beroperasi guna meningkatkan kehandalan layanan listrik ke masyarakat. 

 

Kesiapan infrastruktur tersebut sangat mempengaruhi kesuksesan proyek tol listrik 275 kV Sumatera. Karena berperan mengevakuasi daya dari seluruh pembangkit di Sumatera ke dalam satu sistem interkoneksi. Hingga saat ini secara paralel dan simultan, proses konstruksi dan pengadaan tanah terus berlangsung melalui pendampingan dan dukungan dari seluruh Stakeholder terkait. 

 

Ditemui di Jakarta, PLN bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman & Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marinves RI), Kementerian BUMN, Kementerian ESDM dan Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan mengintensifkan koordinasi dengan Holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN) beserta jajarannya. Mengupayakan percepatan proses persetujuan pengggunaan lahan PTPN VII Unit Beringin untuk pembangunan SUTET 275 kV Phi Incomer Muara Enim 1 dan 2 sebagai jalur transmisi pendukung Backfeeding dan Evakuasi daya dari PLTU Sumsel 8 (Selasa, 02/08).

 

Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air Kemenko Marinves, Rahman Hidayat memimpin rapat koordinasi tersebut yang dilaksanakan secara Hybrid (virtual dan tatap muka) di Jakarta.

 

“Penugasan Pemerintah sudah jelas, proses pembangunan transmisi SUTET ini dilaksanakan secara paralel dengan pembangunan PLTU. Transmisi harus dipastikan siap agar PLTU dapat segera beroperasi, kami sangat mengapresiasi sinergi yang terjalin antara PLN dan PTPN atas kerjasama dan koordinasi selama ini. Sehingga pembangunan ini dapat segera diselesaikan dengan baik”. Ujarnya    

 

Pihak PTPN yang dihadiri langsung oleh Divisi Hukum PTPN Holding, Hengki dan Direktur PTPN VII, Ryanto Wisnuardhy merespon baik upaya pemerintah dalam proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini. 

 

“kami sangat mendukung proyek ini, terkait ijin pelaksanaan konstruksi akan segera kami terbitkan ijin prinsip dalam waktu dekat. Dilanjutkan dengan ijin pelaksanaan pekerjaan konstruksi dari PTPN VII sambil secara paralel kami lakukan proses pelepasan aset tanah di jalur transmisi PLN yang berada di kawasan usaha milik PTPN VII," Pungkas Hengki.

Sumber: