Ajak Masyarakat Olah Pangan Non Beras untuk Pemenuhan Konsumsi Masyarakat

Ajak Masyarakat Olah Pangan Non Beras untuk Pemenuhan Konsumsi Masyarakat

Pemenang lomba mengolah makanan non beras di lingkungan Pemkab Lahat. (foto:parman/radar palembang)--

RADAR PALEMBANG - Tingginya konsumsi masyarakat membuat Pemkab Lahat mengajak untuk mengolah pangan Non beras menjadi menu baru. Selain, mudah dikelola hal ini juga diyakini mampu membantu pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat guna menghadapi kendala pangan yang sewaktu-waktu melanda.

Kadis Ketahanan Pangan Ramai,Sip MM mengatakan, lomba pengolahan pangan non beras di gedung pertemuan 4 July 2022 mengatakan, tujuan diadakannya lomba pengolahan pangan bertujuan untuk meningkat kan kreativitas masyarakat, sehingga dalam pemenuhan kebutuhan hidup tidak selalu bergantung pada kebutuhan pokok seperti beras.

BACA JUGA:Latihan Tempur Super Garuda Shield 2022 Menjadi Sorotan Internasional

"Kita akui bahwa beras adalah kebutuhan yang utama namun jika dapat mengelola pangan non beras mudah - mudahan kebutuhan konsumsi masyarakat semakin terpenuhi sehingga bisa tercukupi,"ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk lomba pengolahan pangan non beras ada beberapa kriteria yang masuk dalam penilaian, dan untuk para peraih hasil terbaik yakni kecamatan kota Lahat, Jarai, dan desa Ulak Lebar. Karenanya, hasil yang diperoleh harus menjadi modal agar dapat diterap kan kemasyarakat sehingga bisa menjadi usaha rumahan bagi warga untuk menambah penghasilan.

"Insya Allah jika olahan pangan non beras yang diperlomba kan diterap kan kelingkungan masyarakat maka akan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan baru bagi warga guna mendongkrak perekonomian,"imbuhnya.

BACA JUGA:Polres Lahat Ringkus Pencuri dan Penadah Mesin Kayu, Kerugian Korban Rp 10 Jutaan

Sementara itu, Wabup Lahat H Haryanto,Mba menuturkan, Pemkab Lahat akan mendukung segala kegiatan positif yang dilakukan masyarakat. Karenanya, olahan pangan non beras kiranya tidak hanya menjadi agenda atau program saja melainkan harus dapat diterap kan dan jadi contoh sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Jika olahan pangan Non beras dikelola dengan baik makatingkat konsumsi masyarakat yang terbatas dapat tercukupi. Karena nya gak ini harus dapat disosialisasi kan kemasyarakat,"pungkasnya.(man)

 

Sumber: