Kades Muara Sungai Hapus Program Infrastruktur

Kades Muara Sungai Hapus Program Infrastruktur

RADAR PALEMBANG - Kepala Desa Muara Sungai, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih Lidar Yadi mengaku, di tahun sebelumnya banyak program pembangunan infrastruktur, di antaranya drainase, jalan setapak, dan sumur bor, namun di 2022 ini, anggaran Dana Desa (DD) dari APBN tidak diperuntukkan program pembangunan infrastruktur.

Sebab, aku Lidar, sesuai dengan permintaan atau usulan lapisan masyarakat melalui kepala dusun masing-masing, dan BPD, serta sudah musyawarah mufakat, Dana Desa  tahun ini digunakan untuk tiga item saja yakni program BLT, pangan, dan penanggulangan Covid-19.

Dijelaskannya, warga di Desa Muara Sungai yang sudah menerima BLT di 2022 ini sebanyak 223 orang dan sudah dibagikan selama 6 bulan, yakni per jiwa Rp 300.000 dengan total anggaran Rp 802 .000.000.800.

"Program pangan baru sebatas sosialisasi atau pelatihan bagi masyarakat yang ingin berternak yakni itik, kambing, dan sapi digelar selama tiga hari belum lama ini di Kantor Kades Desa Muara Sungai. Narasumber dari Dinas Pertanian Pemkot Prabumulih dengan total anggaran lebih kurang Rp 200 juta,” imbuhnya. 

Sedangkan untuk program penanggulangan Covid-19, dananya belum dikucurkan alias masih utuh di rekening desa dan belum terealisasi. “Sebab, masih melihat keadaan. Sekarang Covid-19  sudah landai di Kota Prabumulih. Jika Covid-19 ada lagi, baru kita kucurkan anggaranya,” aku dia.

Disebutkannya, acuan selaku pimdes tahun 2021 lalu, anggaran Covid-19 digunakan untuk membeli masker, hand sanitizer, pos jaga, dan lainnya. “Pos anggaran Covid-19 beda tahun ini dengan sebelumnya yakni di 2022 sebesar Rp 80.000.000. Sedangkan tahun lalu Rp 180.000.000,” pungkasnya. (and)

 

Sumber: