Ada Bagian Daging Kambing Aman Untuk Penderita Darah Tinggi, Simak Penjelasannya

Ada Bagian Daging Kambing Aman Untuk Penderita Darah Tinggi, Simak Penjelasannya

RADAR PALEMBANG – Lebaran Idul Adha  akan banyak masyarakat menerima daging kurban termasuk kambing. Bagi penderita darah tinggi perlu perhatikan ada bagian daging kambing yang aman untuk dikonsumsi. 

Sebuah studi dirilis Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, berhasil menemukan fakta menarik terkait itu.

Menurut dr. Adhi Pasha, penderita darah tinggi disarankan untuk memilih bagian daging kambing, yang tidak banyak mengandung lemak.

BACA JUGA:Ini Mekanisme Potong Hewan Terkewa PMK dan Cara Pengolahannya Agar Aman Dikonsumsi

Untuk itu, kata dia, pilihlah daging kambing yang tidak mengandung banyak lemak. Untuk daging kambing dengan kandungan lemak rendah, Anda bisa memilih daging kambing bagian punggung, daging khas dalam, ataupun daging kaki.

“Hindari juga jeroan hewan,” kata dr. Adhi Pasha seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Ia juga menambahkan bahwa konsumsi daging kambing bagi penderit darah tinggi, pada dasarnya masih terbilang aman namun dengan catatan.

BACA JUGA:Bareskrim Endus Dugaan ACT Selewengkan Dana Santunan Lion Air

“(Aman) jika cara memilih daging, mengolah dan membatasi asupan tetap terjaga dan juga tetap melakukan tindakan pendukung seperti berolahraga secara rutin dan menjaga berat ideal, (selain rutin minum obat). 

Kesimpulan studi itu, makan daging kambing dengan tekanan darah normal sekalipun dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah seseorang.

Hal itu disimpulkan setelah mereka meneliti data 28 partisipan lelaki dewasa berusia antara 20-25 tahun.

Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini, adalah mereka dengan indeks masa tubuh 18-25 m/kg2, tekanan darah < 140/90 mmHg, bukan perokok, peminum kopi, dan penderita penyakit kronis.

Namun perlu disadari juga, tidak semua studi menunjukan hasil yang sama, dan bahwa ada juga studi yang mengklaim bahwa konsumsi daging kambing tidaklah seperti yang ditakutkan.

Kalau sudah begini, alangkah bijaknya jika Anda yang darah tinggi namun hobi makan daging kambing, untuk lebih rutin mengontrol tekanan darah tinggi Anda, dan tidak melewatkan jadwal minum obat Anda.

Sumber: