Tokopedia Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM di Sumatra

Tokopedia Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM di Sumatra

RADAR PALEMBANG - Tokopedia terus gencarkan inisiatif Hyperlocal hingga ke seluruh Indonesia, termasuk wilayah Sumatra. Beragam program serta kolaborasi bersama para pelaku usaha lokal hingga pemerintah daerah dilakukan secara konsisten demi mendorong pemulihan dan pemerataan ekonomi Indonesia secara digital.

 

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan, mengatakan Tokopedia percaya bahwa kunci menghadapi pandemi adalah berkolaborasi dan berinovasi.

 

"Kolaborasi dengan pemerintah pun menjadi sangat penting untuk bisa mendukung sekaligus memberikan dampak yang lebih luas lagi kepada masyarakat. Ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah kehidupan masyarakat, baik penjual maupun pembeli,"Emmiryzan, saat zoom meeting,  Kamis (7/7).

 

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang dihadirkan di berbagai wilayah termasuk Sumatra, seperti kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba) serta Sekolah Kilat Seller yang merupakan pendampingan dan edukasi peningkatan kualitas produksi hingga pemasaran bagi pebisnis online pemula. 

 

Menurut temuan Tokopedia, Kategori Makanan & Minuman, Fashion, Kesehatan, Elektronik dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling populer selama semester pertama 2022 di wilayah Sumatra seperti Medan, Pekanbaru, Palembang, dan Bandar Lampung.

 

Bluhemia Home dan UMKM Lampung After Beaute adalah beberapa contoh pebisnis lokal yang mulai berjualan online di Tokopedia pada masa pandemi. 

 

“Sejak berjualan online di Tokopedia, omzet penjualan mengalami peningkatan di tiap periodenya. Saya pun bisa menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke Manokwari,”jelas pemilik bisnis After Beaute, Andhita Irianto. 

 

Sumber: