Imigrasi Muara Enim Luncurkan MIA, Nur Hepi: Keluhan dan Kritik Bisa Via WA

Imigrasi Muara Enim Luncurkan MIA, Nur Hepi: Keluhan dan Kritik Bisa Via WA

PALEMBANG, RP –Kantor Imigrasi Muara Enim luncurkan MIA (Mido Intelligent Asistance)—sebuah inovasi layanan baru berbasis teknologi intelligent assistance.

Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Made Nur Hepi Juniartha mengatakan, MIA merupakan inovasi layanan informasi dan pengaduan pada Kantor Imigrasi Muara Enim berbasis chatbot.

Lewan layanan itu, pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan melalui WhatsApp (WA) dan semua media sosial yang dimiliki Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel akan terjawab otomatis oleh bot.

MIA juga sudah memiliki Verified Badge atau tanda centang hijau. Fitur centang hijau ini sangat terbatas dan menunjukan bahwa akun tersebut telah terverifikasi.

BACA JUGA:Sukses Penyelenggaraan Program JKN, BPJS Kesehatan Pertahanan Predikat WTM Ke-8

Tujuan imigrasi Muara Enim luncurkan MIA adalah untuk meningkatkan layanan dan merespon saran serta keluhan dari masyarakat untuk memperbaiki kinerja pimpinan dan para pegawai.

Layanan MIA ini, lanjut Made Nur Hepi, pihak WhatsApp (WA) hanya memberikan kepada pengguna yang terbukti memiliki identitas yang resmi.

Dengan adanya centang hijau menginformasikan kredibilitas karena akun WhatsApp terverifikasi dan lebih dipercaya oleh masyarakat.

Made Hepi menambahkan Kantor Imigrasi Muara Enim ini adalah Unit Pelaksana Teknis di bawah Kanwil Kemenkumham Sumsel yang pertama dan satu-satunya yang menerapkan teknologi Intelligent Assistance berbasis chatbot dalam pelayanan informasi dan pengaduan.

 Made Hepi menjelaskan,  masyarakat dapat mengakses layanan ini pada nomor resmi Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel di 0853-8201-9003.

BACA JUGA:Tingkatkan Kreativitas Masyarakat, UBD Gandeng Kanwil Kemenkumham Sumsel

Kemudian masyarakat dapat memilih menu informasi pelayanan yang ingin diakses, seperti layanan bagi WNI, layanan WNA, dan pengaduan.

"Teknologi chatbot ini dapat diakses 24 jam oleh masyarakat, menyediakan informasi keimigrasian yg di butuhkan. Jadi bila ada pertanyaan, keluhan, saran dan kritik serta informasi silahkan kirim pesan ke nomor resmi Kantor Imigrasi Muara Enim. MIA kami siap melayani anda,"pungkas Made.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto mengapresiasi Kantor Imigrasi Muara Enim yang terus berinovasi memberikan layanan prima kepada masyarakat.

Inovasi ini diharapkan agar masyarakat semakin mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan, termasuk menyampaikan keluhan.

Saat ini, Kantor Imigrasi Muara Enim merupakan satu-satunya satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel yang telah memperolah predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari KemenpanRB, diharapkan dengan meningkatnya kualitas pelayanan, masyarakat dapat semakin terlayani dengan baik. (dav)

 

Sumber: