Berkat Tokopedia Omzet UMKM Palembang Untung Besar
RADAR PALEMBANG AVP of Product Tokopedia Puput Hidayat meng klaim berdasarkan riset terbaru Tokopedia menjadi e commerce paling populer di kalangan UMKM dikarenakan Tokopedia dinilai memberikan frekuensi transaksi tersering memiliki kualitas fitur terbaik yang mudah dioperasikan oleh penjual hingga memberikan omzet penjualan terbesar bagi para UMKM Selain itu para UMKM menilai Tokopedia unggul dalam memberikan manfaat antara lain membuka akses terhadap pasar nasional memberi dukungan terhadap produk atau UMKM lokal dan memberikan pendampingan serta edukasi kepada penjual Di sisi lain data internal Tokopedia mencatat kini ada lebih dari 11 juta penjual di platform nya dan hampir 100 UMKM UMKM lokal di Tokopedia terdiri dari maker produsen maupun reseller Mereka sama sama berkontribusi pada perekonomian digital jelas Puput saat melakukan zoom Kamis 16 9 Ia menambahkan bahwa UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi Mereka berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi Songket PaSH dan Ikan Asin Medan adalah contohnya Sementara itu Produsen Songket PaSH Kiagus Adit dari Palembang menyatakan meski penjualan sempat menurun hingga 60 di awal pandemi pemanfaatan platform Tokopedia membuat penjualan kami kembali stabil Omzet kami kini bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan Adit pun memberikan tips untuk UMKM khususnya maker dalam berjualan Pertama cari tahu produk yang paling laku lalu lakukan analisis kompetitor untuk menentukan harga jual Setelah itu ciptakan brand awareness salah satunya dengan beriklan lewat fitur yang tersedia misal TopAds atau pasang harga lebih murah Kecepatan dalam merespon chat pelanggan juga menjadi kunci ujar Adit Tokopedia di sisi lain aktif memberikan pendampingan serta materi edukasi bagi UMKM lokal Contohnya lewat Pusat Edukasi Seller Sekolah Kilat Seller hingga media sosial Juga lewat berbagai panggung yang membantu UMKM menjangkau lebih banyak masyarakat seperti Bangga Buatan Indonesia TokoMart Kumpulan Toko Pilihan KTP dan masih banyak lagi Berbagai inisiatif tersebut turut mendongkrak kategori Kesehatan dan Perawatan Diri Fesyen Kecantikan Ibu dan Anak serta Fesyen Anak dan Otomotif menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat di Tokopedia selama kuartal II 2021 zar
Sumber: