Mind Mapping Sebagai Jembatan Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Agar Lebih Efektif dan Efisien
Mind Mapping Sebagai Jembatan Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Agar Lebih Efektif dan Efisien--
Adapun salah satu kemampuan akhir dari Fase D adalah peserta didik mampu menggunakan konsep-konsep dan keterampilan operasi bilangan bulat. Ini adalah CP dari elemen bilangan.
Setelah materi yang terdapat dalam CP elemen bilangan bulat dapat dilanjutkan dengan materi yang terdapat dalam elemen Aljabar yaitu variabel, konstanta, koefisien, suku sejenis dan suku tak sejenis. Dari CP elemen Aljabar dilanjutkan dengan CP elemen geometri, analisa data dan peluang.
Selanjutnya kembali lagi ke elemen Aljabar, dan seterusnya sesuai dengan materi-materi pendahulu yang menjadi syarat untuk materi selanjutnya.
Referensi:
• Swadarma, D. (2013). Penerapan mind mapping dalam kurikulum pembelajaran. Elex Media Komputindo.
• Faelasofi, R. (2016). Penerapan metode mind mapping pada pembelajaran matematika. JURNAL e-DuMath, 2(2).
Sumber:


