BANNER PEMUTIHAN PAJAK
Banner Honda PCX 160 2025

Mudik Lebaran, Layanan Lost and Found KAI Divre III Palembang, Pastikan Barang Bawaan Pelanggan Tetap Aman

Mudik Lebaran, Layanan Lost and Found KAI Divre III Palembang, Pastikan Barang Bawaan Pelanggan Tetap Aman

Layanan Lost and Found PT KAI DIvre III Palembang memastikan barang bawaan pelanggan yang tertinggal di stasiun, maupun di kereta api tetap aman. -dok kai-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang melalui layanan Lost and Found memastikan barang bawaan pelanggan yang tertinggal di stasiun, maupun di Kereta Api selama perjalanan mudik lebaran Idul Fitri 1446 H tetap aman. 

Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan tercatat selama masa angkutan Lebaran dari tanggal 21 Maret 2025 hingga saat ini, layanan lost and found KAI di Divre III Palembang, berhasil mengamankan 8 barang bawaan penumpang yang tertinggal di stasiun.

Maupun di kereta dengan total estimasi harga barang yang diamankan diperkirakan senilai Rp22.475.000. Barang-barang yang ditemukan dan diamankan oleh petugas KAI Divre III Palembang meliputi handphone, jam tangan, tas berisi pakaian dan logam mulia, botol minum/tumbler, serta sepatu.

"Layanan lost and found tersebut merupakan komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan KA dengan menjaga barang bawaan pelanggan yang tertinggal tetap aman dan dikembalikan kepada para pemiliknya dalam kondisi utuh," kata Aida.

BACA JUGA:16 Hari Masa Posko Lebaran Idul Fitri 1446 H, KAI Divre III Palembang Layani 59.770 Pelanggan KA

Aida menambahkan layanan Lost and Found ini gratis dan tidak dipungut biaya bagi pelanggan KA yang merasa kehilangan atau tertinggal barang.

Pelanggan yang kehilangan barang dapat melaporkan melalui Contact Center KAI 121. Cara melapor dengan menghubungi nomor telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial @KAI121.

Aida juga menjelaskan, barang yang ditemukan di stasiun atau kereta akan diumumkan melalui pengeras suara.

Jika tidak ada yang mengklaim, barang tersebut akan disimpan di Pos Pengamanan dengan label khusus serta didata lengkap dan dimasukkan ke dalam Database Lost and Found.

BACA JUGA:KAI Divre III Bersama Stakeholder Berangkatkan Peserta Mudik Gratis Idul Fitri 2025 di Stasiun Kertapi

Periode bulan Januari hingga Maret 2025, layanan Lost and Found KAI Divre III Palembang, mencatat sebanyak 29 barang penumpang KA berhasil ditemukan dan telah dikembalikan ke masing-masing pemiliknya dengan total estimasi harga barang diperkirakan mencapai Rp52.693.000.

"Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan KA salah satunya juga dengan menanamkan sifat kejujuran dan integritas yang tinggi kepada para petugas kami agar para pelanggan tetap merasa aman dan nyaman ketika menggunakan jasa angkutan kereta api," ungkap Aida.

KAI Divre III Palembang mengimbau kepada pelanggan KA agar selalu berhati-hati menjaga barang bawaannya selama berada di stasiun maupun dalam perjalanan, karena tanggung jawab utama terhadap barang pribadi tetap berada pada pelanggan itu sendiri.

Sementara itu, volume penumpang kereta api di wilayah Divre III Palembang periode Angkutan Lebaran tahun 2025 dari tanggal 21 Maret hingga 7 April 2025 atau hari terakhir libur lebaran mencapai 67.384 penumpang.

Sumber:

Berita Terkait