PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID – Destinasi wisata menjadi daya pikat bagi para wisatawan baik dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke suatu negara, provinsi, maupun daerah.
Peningkatan wisatawan ini tentu menjadi angin segar bagi bisnis perhotelan termasuk yang ada di Kota Palembang.
Menurut Hobir Supriatna, General Manager Harper Palembang, objek wisata sangat mempengaruhi tingkat hunian hotel. Semakin banyak wisatawan datang, hotel akan terisi penuh.
“Satu, dua aja objek wisata baru, akan menyedot pengunjung datang. Apalagi tempat wisata itu bisa diciptakan, seperti di Bandung banyak ya, harusnya Palembang juga bisa seperti itu,” urainya.
BACA JUGA:Hobir Supriatna, GM Harper Palembang, Targetkan Harper jadi Tujuan Menginap Terbaik di Palembang
BACA JUGA:Bernanda Alvionita, Sales Executive Harper Palembang, Boleh Terjebak, Namun Ogah di Zona Nyaman
Seperti lanjutnya, wisata air Musi Cruise yang sedang viral saat ini. Meski harga yang ditawarkan masih sangat murah, namun ke depan bisa ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi bagi wisatawan luar kota.
Begitu pula dengan wisata Tower Jembatan Ampera yang segera dibuka dalam waktu dekat. Ini menjadi daya tarik, apalagi Jembatan Ampera menjadi ikon legendaris Kota Palembang yang sudah dikenal luas.
Namun, menurut Hobir, kedua wisata tersebut tidak memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap okupansi hotel, karena bersifat individual karena belum mencapai ratusan orang.
Berbeda, kata dia, jika Palembang menyelenggarakan event besar yang mampu mendatangkan massa, apalagi digelar lima kali dalam setahun. Untuk itu, ia menyarankan agar pemerintah dan pihak terkait meningkatkan event-event besar di Palembang.
BACA JUGA:Ulang Tahun ke-6 Harper Palembang Gelar Kegiatan Seru di Bogor, Dihadiri 100 Orang Lebih
Sementara, untuk Harper Palembang sendiri ketika berada di kondisi low season seperti saat ini, masih tetap berada dalam kondisi stabil.
“Alhamdulillah, okupansi Harper Palembang tetap stabil ya. Untuk MICE sendiri kita juga kenceng, banyak event-event yang digelar di ballroom,” ucapnya.
Hal ini tidak lepas dari pelayanan maksimal yang diberikan pihak hotel kepada para tamu yang datang menginap, sehingga kesan baik diterima tamu sehingga merasa puas dan secara tidak langsung menjadi ajang promosi dari mulut ke mulut.
Selain itu, sistem jemput bola yang dilakukan Hobir bahkan harus menjelajah ke kota lain, juga berdampak besar bagi hotel.