PALEMBANG, RADARPALEMABANG.ID - Berikut daftar belanja Gen Z yang terimbas oleh kenaikan PPN 12 persen pada 1 Januari 2025 nanti.
Pemerintah Indonesia telah menetapkan kenaikan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) yang tadinya 11 persen menjadi 12 persen.
Kebijakan tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2024 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) yang mulai diberlakukan pada 1 Januari 2025.
Penumuman soal kenaikan PPN 12 Persen tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, serta beberapa menteri lainnya dalam konferensi pers terkait Paket Stimulus Ekonomi yang berlangsung di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, pada Senin, 16 Desember 2024.
BACA JUGA:Toyota Nilai Kenaikan PPN 12 Persen Tahun 2025 Beratkan Industri Otomotif
BACA JUGA:2025 Mobil Hybrid dan Konvensional Bebas PPN dan PPnBM? Guna Tingkatkan daya Beli Masyarakat
Adapun kenaikan tarif PPN tersebut juga berimbas pada beberapa layanan yang kerap di gunakan oleh Gen Z seperti salah satunya Netflix dan Spotify.
Maka dari itu sebaiknya para Gen Z mengurangi frekuensi berlangganan layanan streaming atau menghindari pengeluaran untuk hiburan yang dianggap tidak terlalu penting.
Meski kenaikan tarif PPN tersebut tidak terlalu besari hany 1 persen, namun hal tersebut menghauskan para Gen Z mengeluarkan tambahan Rp1.748.265 per tahun.
Tentunya bagi kelompok konsumen muda yang baru memulai karier atau memiliki pendapatan terbatas, tambahan biaya akibat kenaikan tarif PPN 12 Persen ini dapat berdampak pada daya beli mereka.
BACA JUGA:Bisnis Properti Bakal Cerah, PPN Beli Rumah di Bawa Rp 2 Miliar Diputuskan Gratis
BACA JUGA:Harga Mobil Tahun Depan Bakal Naik 5 Persen, Imbas Kenaikan PPN 12 Persen di 2025
Hal tersebut sangat berpengaruh karena salah satu pengeluaran terbesar bagi Gen Z adalah hiburan, khususnya tiket konser musik, yang menjadi fenomena besar di kalangan Gen Z.
Hal itu terutama konser K-pop dan artis internasional. Selain itu, mereka juga sering mengeluarkan uang untuk membeli merchandise yang berhubungan dengan artis atau band favorit mereka.
Di samping itu, Gen Z sering menghabiskan sebagian besar penghasilannya untuk makanan dan minuman, baik itu dengan makan di restoran, delivery makanan, atau mengunjungi kafe yang sedang tren.