Sering tidak Disadari, Ini Penyebab Mobil Boros BBM

Senin 28-10-2024,08:35 WIB
Reporter : Swandra Yadi
Editor : Swandra Yadi

Filter udara yang kotor

Selain filter bensin, bagian yang juga perlu dibersihkan secara rutin adalah filter udara. Mesin pada mobil membutuhkan suplai udara bersih, sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal.

Filter udara yang kotor akan mengurangi pasokan udara bersih ke dalam mesin.

BACA JUGA:Berikut Tips Nyaman Berkendara Saat Cuaca Panas, Begini Caranya

Bentuk dari filter udara ini seperti kertas dan memiliki pori yang berfungsi untuk menyaring kotoran. Sehingga kotoran seperti debu tidak akan masuk ke dalam mesin.

Debu yang menyangkut pada bagian kain ini kian lama akan menumpuk.

Dampak buruk yang terjadi jika filter udara dibiarkan kotor adalah berkurangnya udara masuk ke dalam mesin.

Hasilnya adalah piston bekerja dengan berat, sehingga Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam agar bertenaga dan membuat bensin boros.

BACA JUGA:Ayah Bunda Tercinta, Ini Tips Memilih Car Seat untuk si Baby, jadi Teman Perjalanan yang Nyaman dan Aman

Penggunaan AC yang terlalu dingin

Semua mobil kini sudah dilengkapi dengan Air Conditioner. Kehadiran AC dalam kabin membuat penumpang nyaman, tapi perhatikan juga bagaimana cara menggunakannya.

Saat siang hari ketika cuaca panas, kebanyakan orang cenderung menghidupkan AC sampai paling dingin. Padahal cara ini salah karena semakin dingin AC, maka bahan bakar yang digunakan juga semakin banyak.

Pada saat suhu AC sangat dingin, maka kompresor yang memompa refrigerant akan membagi daya. Pengaruhnya adalah power mesin terkuras banyak dan kompresor AC bekerja dengan keras.

BACA JUGA:Enam Tips Penting Memilih Mobil Pertama untuk Gen Z

Saat berkendara Anda harus menginjak pedal sangat dalam, otomatis bensin yang digunakan untuk pembakaran terkuras lebih banyak. Jadi pengaturan suhu AC saat berkendara harus diperhatikan dan sewajarnya saja.

Menggunakan bahan bakar yang tidak tepat

Kategori :